05 November 2021, 17:20 WIB

PT Telkom Gandeng BMM dan SBN Bangun 5 Titik Sarana Air Bersih dan MCK di Kab Bogor


mediaindonesia.com | Humaniora

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan pembangunan sarana air bersih dan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) bagi masyarakat kurang mampu di 5 titik di wilayah Kabupaten Bogor. Acara Peresmian tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Riyadhul Muta’alim Kp.Cilame Desa Pabangbon Kec.Leuwiliang Kabupaten Bogor pada Rabu (27/10).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Pondok Pesantren Riyadhul Muta’alim Abah Kyai Afendi, Manager Community Development Center Telkom Regional II Jakarta Retno Isro Wardhani, Perwakilan dari Baitulmaal Muamalat  Jahidin, Riandy & Prawita Ayu Setianingtyas, Kepala Desa Pabangbon Endang Rohendi, Wakil Camat Leuwiliang Yoga, Direktur Sahabat Bangun Negeri (SBN) Anang Herdiana, perwakilan penerima bantuan dan undangan lainnya.

Kebutuhan akan sanitasi air bersih, fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti memasak, mencuci, mandi, melaksanakan ibadah serta lainnya. Air sebagai sumber kehidupan. Dapat dibayangkan jika di suatu wilayah tanpa adanya sarana air bersih yang layak dikonsumsi/digunakan.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui Program Pembangunan Berkelanjutan (TPB-6) dan sejalan dengan Program Kementrian BUMN yakni Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan Sarana Air Bersih, fasilitas mandi cuci, kakus (MCK) di 5 lokasi di Kabupaten Bogor Selatan. Yakni di Pondok Pesantren Riyadul Muta’alim Kp.Cilame Desa Pabangbon Kec.Leuwiliang, Dusun Citeureup Desa Barengkok Kec.Leuwiliang, Pondok Pesantren Tarbiatuz-Ziqro Desa Leuwibatu Kec.Rumpin, Kampung Keusal Desa Wirajaya Kec. Jasinga dan Kampung Margasari Kel. Kertamaya Kec. Bogor Selatan.

Bantuan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, kepada masyarakat khususnya di wilayah Jabotabek.

Dalam proses pembangunannya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menggandeng Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) dan SBN Foundation sebagai mitra pelaksana dalam penyediaan sarana air bersih dan MCK.

Selain itu, masyarakat sekitar pun turut bergotong-royong untuk wewujudkan fasilitas umum tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu penanganan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Bogor. Pembangunan sarana air bersih dan MCK dilaksanakan pada 21 September - 24 Oktober 2021.

Dalam sambutanya Retno menyampaikan, “Bantuan Sarana air bersih dan fasilitas MCK ini merupakan bentuk kepedulian PT Telkom kepada masyarakat khususnya di wilayah yang benar-benar membutuhkan dan belum memiliki sarana air bersih yang layak."

Retno berharap bantuan sanitasi air dan MCK dapat menjadi solusi bagi masyarakat di 5 lokasi tersebut. Selain itu Ia berharap masyarakat dapat menjaga fasilitas ini dengan baik. "Doakan kami PT Telkom agar tetap bisa membantu masyarakat lainnya,” tutup Retno. 

"Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional, BMM terus membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan membangun sanitasi dan MCK yang layak,” ujar Jahidin, Kadiv. Pendistribusian dan Pendayagunaan BMM.

Diharapkan, dengan bantuan sarana air bersih dan MCK dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan perilaku hidup sehat bagi masyarakat.

Ambari, selaku Ketua RT Kampung Keusal, RT 01 mengungkapkan, “Melihat MCK seperti ini bisa ada di kampung kami, benar-benar bersyukur, sangat maksimal. Alhamdulillah. Sekali lagi terima kasih untuk PT. Telkom Indonesia, semoga selalu jaya. Amiin.”

“Alhamdulillah senang sekali bisa dapat bantuan dari PT. Telkom, saya sekeluarga tidak bisa membayangkan bisa membangun MCK sebagus dan semewah ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada PT. Telkom,” tambah Ibu Nunung, selaku penerima manfaat sekaligus pemilik Pesantren Riyadul Mutaalim. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT