02 November 2021, 21:31 WIB

26 Juta Anak 6-11 Tahun Jadi Target Vaksinasi Covid-19


Zefanya Sara | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 26 juta anak berusia 6-11 tahun di Indonesia akan mengikuti program vaksinasi covid-19 pada 2022.

Hal ini menyusul lampu hijau vaksinasi anak di bawah 12 tahun yang diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pada Senin (1/11) kemarin.

Menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pihaknya tidak mau terburu-buru untuk melakukan vaksinasi tersebut dan akan berkoordinasi dengan Presiden terlebih dahulu.

“Iya, memang baru diapprove. Kita minta izin Bapak Presiden terlebih dahulu, karena ada penambahan 26 juta penerima vaksin,” ungkap Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangannya, di sela-sela kunjungan kerja nya di Kota Makassar, Selasa (2/11).

Baca juga: Satgas Covid-19: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Paling Cepat Tahun Depan

Budi menyebut terdapat tiga merek vaksin covid-19 yang melakukan uji klinik terhadap anak usia 6-11 tahun, yakni vaksin produksi Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

"Kita lihat mana paling available atau paling kecil dampaknya kepada anak. Itu harus dijaga juga kalau sudah pilih nanti baru dilakukan," menurut Budi Gunadi.

Saat ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun masih menunggu rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak.

Vaksinasi ini rencananya akan digelar apabila tahap uji klinis sudah rampung pada 2022 melalui skema gratis dengan pemberian dua dosis vaksin Covid-19. (MGN/A-2)

BERITA TERKAIT