01 November 2021, 16:10 WIB

Bantu Lestarikan Budaya Nasional, IUIGA Terbitkan Tas Edisi Batik


Mediaindonesia.com | Humaniora

BATIK adalah hasil karya yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Motif batik menurut kamus besar Bahasa Indonesia, adalah corak atau pola. Dikutip dari dpmptsp.cianjurkab.go.id, sejarah hari batik nasional diputuskan ketika batik diakui dalam sidang ke-4 komite antarpemerintah tentang warisan budaya tak benda di Abu Dhabi.

Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahun. Pada peringatan tahun pertamanya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan batik setiap 2 Oktober sebagai bentuk perayaan Hari Batik Nasional.

Baca juga: Yayasan Batik Indonesia Tampil di Billboard Time Square New York

Dalam rangka meriahkan hari Batik pada 2 Oktobe, IUIGA melakukan kerjasama dengan salah satu desainer batik muda RM Radinindra Nayaka Anilasuta. Dia mendesain langsung motif batik pada Shopping Bag IUIGA dengan tema program IUIGA yaitu Bangga Pakai Batik. Program ini dimulai dari 28-31 Oktober, di mana batik ditulis oleh pembatik asal Solo, sehingga shopping bag ini sangat eksklusif dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Shopping Bag IUIGA edisi batik ini dibagikan gratis pada setiap pembelanjaan online di atas Rp500.000. Selama program berjalan, Shopping Bag IUIGA edisi batik langsung habis terjual dalam dua hari.

“Kami berharap melalui program kerja sama ini, IUIGA dapat berpartisipasi dalam mendukung pengrajin batik yang ada di Indonesia dan memperkenalkan batik kepada lapisan masyarakat lebih luas. Batik bukan hanya sebuah seni tetapi juga kebanggaan yang harus kita jaga dan pertahankan,” ujar William Firman, Managing Director IUIGA Indonesia.

Tidak sampai di situ saja, IUIGA juga mendukung komunitas batik Indonesia dengan menyisihkan hasil penjualan Shopping Bag IUIGA edisi batik sebanyak 10% untuk diberikan kepada komunitas pengrajin batik di Solo. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan membudayakan batik Indonesia terutama dengan pembatiknya langsung. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT