30 October 2021, 13:38 WIB

Agenda Makan Malam dengan Dua Cicak Juara Lomba Cerpen MI


Fathurozak | Humaniora

UNTUK memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, Media Indonesia menggelar Indonesia Sejati Festival Bahasa dan Sastra 2021. Rangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari (27-29 Oktober) itu, di antaranya diisi pembacaan dan lelang puisi, webinar mengenai bahasa daerah, gelar wicara mengenai novel dan puisi, serta sayembara cerpen untuk kategori pelajar, mahasiswa, dan umum.

Total, hingga pendaftaran ditutup pada 15 Oktober, ada 391 naskah yang masuk. Dengan dominasi naskah dari kategori mahasiswa dan umum berjumlah 327 karya. Pada kategori pelajar, ada 46 serta naskah yang didiskualifikasi berjumlah 18.

Di kategori pelajar, cerpen berjudul Gaia karya Lyra Langit Timur, pelajar SMPN 3 Surakarta, menjadi juara. Sementara itu, peringkat kedua diraih cerpen berjudul Waktu untuk Bapak karya Muhammad Ihsan, pelajar SMPN 7 Magelang. Adapun peringkat ketiga cerpen berjudul Buku Bisu, karya Atiyyah Maulaya, pelajar MA Nurul Islam Kriyan Jepara.

Baca Juga: Nadiem Bacakan Puisi Bulan Tertusuk Lalang Karya Zamawi Imron

Untuk kategori umum dan mahasiswa, cerpen berjudul Agenda Makan Malam dengan Dua Cicak karya Meutia Swarna dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berhasil menjadi juara. Sementara itu, peringkat kedua diraih cerpen berjudul Tuan Rez di dalam Kubikel karya R Yulia dari Mesan, Sumatra Utara. Peringkat ketiga cerpen berjudul Warsa 2020-2025 karya AM Lilik Agung dari Kota Tangerang, Banten.

"Kami dari dewan juri dan tim dari Media Indonesia ingin mencari karya yang tidak klise. Yang kami lirik, selain kualitas, juga bisa menemukan fiksi dan kalimat baru atau penyusunan bercerita dengan struktural yang agak unusual dibanding dengan yang lain," kata Setyo Wardoyo, mewakili juri sayembara cerpen, saat pengumuman pemenang di Grand Studio Metro TV, Jumat (29/10).
(Jek/M-4)

BERITA TERKAIT