25 October 2021, 13:40 WIB

Kominfo Pastikan Layanan Online KPAI Tetap Berjalan Lancar dan Aman


Atalya Puspa |

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menyatakan adanya dugaan kebocoran data di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tidak membuat pelayanan jadi terhenti. Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi memastikan bahwa pelayanan tetap berjalan seperti biasa dengan aman.

"Sata ini KPAI sudah melakukan langkah pencegahan untuk meminimalisir peluang semakin melebarnya kebocoran data pribadi. Tapi KPAI memastikan bahwa pelayanannya tetap berjalan," kata Dedy di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (25/10).

Saat ini, ia menyatakan pihaknya tengah melakukan investigasi terkait dengan dugaan kebocoran data tersebut. Adapun, dalam beberapa hari ke depan pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada pihak KPAI untuk melakukan pendalaman.

"Tindak lanjut yang kami lakukan ialah Kominfo meminta data tambahan untuk proses investigasi dan pemanggilan pihak KPAI akan segera dalam beberapa hari ke depan untuk proses investigasi sesuai dengan peraturan yang kita rujuk," kata dia.

Baca juga : Pemkab Demak Lindungi 27 Ribu Pekerja Rentan pada Program BPJS Ketenagakerjaan

Dedy menceritakan, sebelumnya pada Kamis (21/10) pihaknya telah melakukan permintaan klarifikasi pada KPAI terkait dengan dugaan kebocoran data. Pihaknya juga telah meminta data yang diperlukan untuk investigasi lebih lanjut.

Adapun, pada hari yang sama KPAI telah merespon permintaan Kominfo dengan memberikan info awal terkait dugaan awal kebocoran data pribadi di KPAI.

Selanjutnya pada Jumat (22/10) Kominfo bersurat kembali kepada KPAI untuk meminta tambahan data yang diperlukan untuk proses investigasi.

"Data-data yang diperlukan saat ini masih kami tunggu dan setelah itu kami akan lakukan pemanggilan pada pimpinan KPAI," ucap dia. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT