24 October 2021, 19:02 WIB

PB IDI: Dedikasi Dokter Selama Pandemi Covid-19 Perlu Dapat Penghargaan


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KETUA Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr.Adib Khumaidi,SpOT, menilai pada Hari Kedokteran Nasional kali ini para dokter perlu mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas semua yang telah dilakukan dan pengorbanan atas semua yang telah  dilakukan  dokter di seluruh dunia dalam penanganan Covid-19.

"Organisasi profesi mempunyai kewajiban untuk memastikan bahwa anggota mendapatkan kebanggaan dan penghargaan atas semua upaya yang sudah dilakukan dalam penanganan Covid-19," kata Adib saat dihubungi, Minggu (24/10).

Hal ini tentunya perlu untuk menjaga ketahanan mental para dokter dalam perjuangan panjang melawan pandemi Covid-19 ini .

Adib mengatakan hingga saat ini dokter telah bekerja keras di garis depan, mempertaruhkan diri dan keluarga untuk memberikan perawatan kepada pasien yang tak terhitung jumlahnya yang jatuh sakit karena covid-19.

"Dengan kondisi kerja sangat menantang banyak dokter telah menjadi korban virus, dan hingga meninggal saat merawat orang lain," jelasnya.

"Oleh karenanya upaya perlindungan dan keselamatan melalui upaya doctor safety and patient safety tetap harus dilakukan dan dibuat dalam SOP protokol pelayanan kesehatan," ujar Adib.

Profesi dokter melekat pada sains dan egaliterianisme profesi medis yang cenderung mengurangi perbedaan di kalangan praktisi dan menghargai keahlian, studi pelatihan, dan prestasi.

Para dokter juga menunjukkan komitmen mereka terhadap rasionalitas dan objektivitas, sehingga hal tersebut perlu adanya apresiasi terutama disaat pandemi saat ini. (Iam)

BERITA TERKAIT