22 October 2021, 16:35 WIB

Tim ASTRO Universitas Airlangga Juara 3 Kontes Robot Indonesia


Zubaedah Hanum | Humaniora

SETELAH melenggang ke tingkat nasional, tim ASTRO UNAIR pada gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 berhasil meraih juara 3 dalam final Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) pada Sabtu (16/10 lalu.

Kemenangan tersebut didapatkan setelah mengalahkan robot N’RIMAU dari Universitas Sriwijaya dengan skor 50-36 dengan catatan waktu 2 menit 40 detik dalam perebutan posisi juara 3.

Setelah lolos dari perempat final dengan mengalahkan ELEKTROBOT dari Universitas Halu Oleo, tim ASTRO UNAIR harus takluk oleh RIVAL ITS setelah menghabiskan seluruh waktu petandingan selama 3 menit di sesi pertama dan kalah DAM di sesi kedua.

“Sebagai tim baru, kami tidak begitu mematok target harus juara, sebab yang terpenting kami mengusahakan sebaik mungkin,” ujar Sirojuddin Ketua Tim ASTRO UNAIR.

Tak jauh berbeda dengan persiapan saat penyisihan Wilayah II, pada persiapan tingkat nasional ini Tim ASTRO UNAIR memperbaiki beberapa hal teknis dan lebih rutin untuk berlatih.

“Kami memodifikasi robot yang awalnya tidak bisa mengambil koin dari bawah jadi bisa (mengambil koin, Red) dari bawah dan pastinya lebiih rutin dan intensif untuk berlatih,” terang Udin, sapaan akrabnya.

Ketua Tim ASTRO UNAIR tersebut mengatakan terdapat beberapa kendala teknis yang terjadi saat perlombaan berlangsung dan beberapa hal yang perlu ditingkatkan, yaitu kecepatan. “Kami agak kewalahan dengan skema permainan milik ITS,” ungkapnya.

“Selain itu kami masih ada màsalah dalam mempersiapkan delay saat imaging procces  antara software streaming dengan software milik panitia. Kurang lebih delay-nya bisa sampai lima detik,” imbuhnya menerangkan.

Pelaksanaan kompetisi KRTMI ini menggunakan dua lapangan, yaitu fisik dan virtual. Sehingga selain membutuhkan kecepatan jaringan yang stabil juga turut mempengaruhi.

Selanjutnya, Udin bersama keempat rekannya yaitu Muhammad Naufal Alfarisi dan Muhammad Rafi Athallah Jatniko (mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan), Ilman Andaludzi (mahasiswa Teknik Industri), dan Diaz Samsun Alif (mahasiswa Teknik Elektro) yang seluruhnya mahasiswa angkatan 2020, berharap dapat mendulang juara yang lebih untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya.

Selain tim ASTRO UNAIR yang mengikuti KRI 2021, tim ALEGRO UNAIR untuk Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KSRI) juga turut serta meskipun belum dapat merebut juara secara simbolis. (H-2)

 

BERITA TERKAIT