21 October 2021, 14:05 WIB

Pemerintah Distribusikan Tambahan Fasilitas Rantai Dingin ke 34 Provinsi


Atalya Puspa | Humaniora

PEMERINTAH telah mendistribusikan tambahan pasokan rantai dingin ke 34 provinsi untuk menyimpan vaksin covid-19 merk Pfizer yang membutuhkan treatment khusus, yakni penyimpanan dengan suhu -80 derajat celcius.

"Fasilitas cold chain sudah diberikan ke provinsi. Masing-masing dua buah per provinsi," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Kamis (21/10).

Baca juga: Menko PMK: Penyiapan SDM Unggul Tak Hanya Fokus Usia Produktif

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya telah membeli sebanyak 55 unit lemari es tempat penyimpanan khusus vaksin yang bisa mencapai suhu -80 derajat celcius dari Unicef. Selain itu, pemerintah juga telah meminta bantuan pada Covax Facility untuk memberikan hibah rantai dingin sebanyak 17 unit.

Dengan terpenuhinya fasilitas rantai dingin, Nadia memastikan bahwa distribusi vaksin covid-19 ke daerah bisa berjalan lancar. Terkait dengan banyaknya daerah yang cakupan vaksinasinya masih minim, Nadia mengungkapkan bahwa distribusi vaksin memang dilakukan secara bertahap.

"Distribusi memang secara bertahap dari pusat ke provinsi dan kabupaten kota lalu ke sentra vaksinasi atau fasilitas kesehatan," ungkap dia.

Ia juga memastikan bahwa tidak ada kendala dalam distribusi vaksin ke daerah-daerah. "Kalau selama ini distribusi tidak terlalu berkendala. Hanya memang harus ada percepatan distribusi begitu vaksin diterima, termasuk alokasi untuk Polri dan TNI," pungkas dia. (H-3)

BERITA TERKAIT