20 October 2021, 14:39 WIB

Munculnya Kasus Positif Covid-19 Baru Harus Diimbangi Testing dan Tracing


Mediaindonesia.com | Humaniora

HARUS segera ada tindak lanjut indikasi bermunculannya kembali kasus positif covid-19 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusuno (RSCM) Jakarta. Ini untuk mencegah meluasnya penyebaran virus korona.

"Indikasi munculnya kembali kasus positif covid-19 di RSCM harus segera ditindaklanjuti dengan pelacakan yang memadai untuk mencegah penyebaran lebih luas lagi," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/10). Pada Minggu (17/10) dalam webinar Tim Mitigasi PB IDI, Wakil Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Adityo Susilo mengungkapkan mulai bermunculan kasus positif covid-19 di RSCM pada Oktober 2021.

Menurut Lestari, informasi itu harus segera ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan dengan proaktif melakukan pelacakan yang memadai dan konsisten dengan langkah pencegahan. Penguatan sistem kesehatan di sejumlah daerah, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus terus diupayakan sebagai bagian langkah antisipasi potensi peningkatan kasus positif covid-19

Rerie berharap langkah seperti testing dan tracing yang memadai menjadi bagian dari mekanisme standar dalam merespons munculnya kasus-kasus positif virus korona yang baru. Kewaspadaan, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus terus ditingkatkan dalam setiap berkegiatan dengan mengedepankan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Saat Pandemi Kesadaran Asuransi Naik, Prinsip Dasar Asuransi Perlu Dipahami

Jadi, ujar Rerie, meski pelonggaran kegiatan publik terus dilakukan, kewaspadaan terhadap disiplin prokes dan upaya testing dan tracing oleh para pemangku kepentingan tidak boleh kendor. (OL-14)

BERITA TERKAIT