18 October 2021, 20:08 WIB

Kemenkes Jajaki 3 Obat yang Dianggap Bisa Atasi Pandemi


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) sedang tengah menjajaki 3 obat yang dinilai sebagai promosing atau memberikan harapan untuk bisa mengatasi pandemi covid-19 ini.

Obat-obat tersebut yakni Molnupiravir dari Merck, AT-527 dari Roche and Athea Pharmaceutical, dan Proxalutamide dari Suzhou Kintor Pharmaceuticals dari Tiongkok

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan pihaknya terus memonitor perkembangan obat-obatan untuk virus covid-19 ini. Sekarang obat-obatan itu sudah memasuki uji klinis tahap 3.

Baca juga : Ke AS, Luhut Ungkap Pemerintah Incar Pembelian Tiga Obat Covid-19 

"Banyak perkembangan jenis obat baru yang memberikan harapan untuk bisa menangani pandemi ini. Kalau kita sudah melengkapi vaksinasi dengan obat-obatan diharapkan transisi dari pandemi menjadi endemi akan bisa lebih cepat dilakukan," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (18/10).

Dirinya menawarkan untuk obat-obatan yang memang promising agar uji klinis tahap 3 itu juga bisa dilakukan di Indonesia. Sehingga dengan demikian bisa lebih cepat mengetahui kecocokan dari obat-obatan covid-19 baru ini agar bisa digunakan.

"Nanti kami akan terus mengupdate perkembangannya dan mohon doa restu dari teman-teman sekalian agar kita bisa segera melewati pandemi ini menjadi endemi," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT