18 October 2021, 19:33 WIB

Luhut : 4 Provinsi Tercatat 0 Kasus Kematian, Vaksinasi Lansia Berperan 


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Koordinatot Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, situasi yang membaik tercermin dari kasus kematian di empat provinsi Jawa Bali yang mencatat nol kematian kasus covid-19 per Minggu (17/10). 

"DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Bali mencatat nol kematian. Provinsi lain di Jawa Bali hanya mencatat kurang 5 kematian per hari," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/10). 

Vaksinasi terhadap lansia dianggap berperan penting dalam rendahnya kasus kematian covid-19 di Jawa dan Bali. Pemerintah pun mendorong akselerasi cakupan vaksinasi lansia Jawa Bali yang baru mencapai 43% 

"Tingkat kematian yang rendah ini kami yakin akan mampu dijaga, seiring dengan capaian vaksinasi lansia Jawa Bali yang meningkat tajam sejak cakupan vaksinasi lansia dijadikan untuk penurunan level PPKM," jelas Menko Marves. 

Baca juga : Ke AS, Luhut Ungkap Pemerintah Incar Pembelian Tiga Obat Covid-19 

Secara umum, kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa Bali telah turun hingga 99% dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu. Kemudian, Luhut menambahkan, saat ini hanya tersisa kurang dari 20 ribu kasus aktif di nasional dan kurang dari 7 ribu kasus aktif di Jawa Bali. 

"Angka ini jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta pada 15 Juli lalu," ucapnya. 

Luhut meminta keberhasilan mengendalikan varian Delta hingga saat ini harus tetap dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Seperti tetap gunakan masker, mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin. 

"Jangan lupa untuk terus secara disiplin menggunakan PeduliLindungi. Saya yakin kita akan mampu segera mengatasi dan keluar dari pandemi covid-19 menjadi endemi pada tahun depan," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT