18 October 2021, 19:01 WIB

Ke AS, Luhut Ungkap Pemerintah Incar Pembelian Tiga Obat Covid-19 


Insi Nantika Jelita | Humaniora

PEMERINTAH saat ini terus menjajaki tiga alternatif obat covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tengah berada di Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pertemuan dengan perusahaan sains dan teknologi, Merck mengenai obat Molnupiravir. 

"Selain Molnupiravir dari Merck, saat ini terdapat obat Proxalutamide yang sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan ini sedang berproses di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10). 

Alternatif obat covid-19 lainnya adalah AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea Pharmaceutica. Ketiga obat tersebut, ungkap Luhut, menunjukkan potensi untuk menjadi obat Covid-19. 

Baca juga : Luhut Yakin Indonesia Masuk ke Endemi Covid-19 Jika Libur Nataru Terkendali

"Namun saya dapat sampaikan bahwa kita tidak ingin hanya sekadar menjadi pembeli, kita harapkan produsen obat tersebut," tegas Luhut. 

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah akan melakukan kerja sama dengan perusahaan farmasi dan sains tersebut dalam melakukan investasi dan produksinya di Indonesia. 

"Kami akan temui mereka, hari Rabu (20/10) di New York," tutupnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT