18 October 2021, 18:10 WIB

Luhut Yakin Indonesia Masuk ke Endemi Covid-19 Jika Libur Nataru Terkendali


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

KOORDINATOR Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan optimistis Indonesia segera beralih dari pandemi covid-19 ke endemi. Salah satu syaratnya, yakni kasus selama libur Natal dan tahun baru (nataru) terkendali.

"Saya kira kalau melampaui nataru dengan baik, kita bisa masuk endemi karena di saat itu saya kira ada obat covid-19," kata Luhut dalam telekonferensi di Jakarta, hari ini.

Luhut mengatakan saat ini dirinya bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tengah berada di Amerika Serikat (AS). Mereka hendak menjajaki kerja sama dengan Merck terkait obat Molnupiravir.

Baca juga: Umrah Saat Pandemi, Dilaksanakan Melalui Satu Pintu

Selain itu, obat Proxalutamide sedang tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan berproses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Alternatif obat lainnya ialah AT-527 yang dikembangkan Roche dan Athea.

"Ketiga obat tersebut menunjukkan potensi menjadi covid-19," papar Luhut.

Meski begitu, Luhut tak ingin Indonesia sekadar menjadi pembeli. Kerja sama yang dilakukan Luhut dan Budi bertujuan menarik investasi sehingga Indonesia bisa menjadi produsen obat covid-19. (OL-4)

BERITA TERKAIT