18 October 2021, 07:40 WIB

Sera Latih Penyandang Disabilitas Belajar Batik di Rumah Batik Palbatu


mediaindonesia.com | Humaniora

PT Serasi Autoraya (SERA) dan platform edutech les Private, ngeLESin bersama Harry Budi selaku pemilik Rumah Batik Palbatu, mengajak penyandang disabilitas untuk belajar batik tulis. Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan Hari Batik Nasional, pada Oktober 2021..  

Batik adalah salah satu kekayaan Nusantara yang sudah dikenal sejak awal abad ke-19.  Saat itu hanya satu jenis batik berdasarkan cara pembuatannya, yakni batik tulis.

Yudas Tadeus selaku Director In Charge CSR SERA, dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/10) mengatakan, pihaknya turut senang dapat berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya asli Indonesia dan terlebih lagi dapat memberikan pembelajaran dan memperkenalkan batik tulis kepada teman-teman disabilitas.

"Keterlibatan ini, merupakan salah satu komitmen SERA dalam melakukan kontribusi sosial berkelanjutan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat," ujar Yudas Tadeus.

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif, juga menginspirasi teman-teman disabilitas dalam melestarikan batik," tambahnya.

Anthonius juga selaku founder ngeLESin mengatakan senang dapat dipercaya oleh SERA untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini.   “ngeLESin bangga mendapatkan kesempatan ini untuk berbagi suka cita dengan teman les semua (masyarakat Indonesia) dengan kegiatan yang bermanfaat dan berkontribusi positif terutama untuk mendukung kegiatan pada Hari Batik Nasional dan masyarakat tidak dikenakan biaya apapun dalam kegiatan ini, biaya kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh CSR SERA,” ujar Anthonius.

Kegiatan ini bertema “menjadi pemenang dan berkarya”.  Diharapkan setelah mengikuti kelas batik tulis ini, teman teman penyandang disabilitas dapat terus berkarya dan turut melestarikan batik tulis di Indonesia. (OL-13)

Baca Juga: Unit Layanan Disabilitas Wujudkan Akses Pendidikan Inklusif

BERITA TERKAIT