17 October 2021, 20:45 WIB

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Kembali Normal


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

Mulai Minggu (17/10) hari ini, aturan jaga jarak yang terdapat di Masjidil Haram sudah ditiadakan. Dalam video yang beredar di dunia maya, beberapa petugas masjid tengah mencopot stiker tanda jaga jarak yang ada di dalam masjid.

Dalam Unggahan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi di Twitter mengatakan, tidak lagi mewajibkan menggunakan masker ditempat terbuka. Selain itu kapasitas di dalam masjidil Haram dan masjid nabawi, kini diiznkan penuh.

"Dan tidak diwajibkan berjarak (jaga jarak) di tempat tempat umum, maupun di Masjid," jelas yang tertera dalam surat edaran pada akun Twiiter @MOISaudiArabia, Minggu (17/10).

Baca juga: SDI Sabilina dari Indonesia Raih Penghargaan Pendidikan dari Jepang

Namun, jadwal kunjungan harus diatur melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna yang disetujui Kementerian Kesehatan, seperti yang dilansir dari Arab News pada Jumat (15/10).

Pihak berwenang Arab Saudi juga melonggarkan aturan pembatasan Covid-19 untuk social distancing di tempat-tempat tertutup, pertemuan sosial atau di tempat umum, seperti transportasi, restoran, bioskop, dan banyak lagi. Aula pernikahan juga akan diizinkan untuk kembali dengan kapasitas penuh.

Penggunaan masker tidak lagi wajib di tempat-tempat umum terbuka, tetapi wajib untuk dipakai di tempat-tempat tertutup dan lokasi tertentu, seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang semua pengunjung dan staf tetap wajib memakai masker.

BERITA TERKAIT