17 October 2021, 10:15 WIB

Pemerintah akan Bantu Pemprov Bali Tangani Korban Gempa


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan simpatinya atas bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 yang terjadi di Bali pada Sabtu (16/10) dini hari. Pemerintah, ungkap Ma’ruf, akan segera mengambil langkah cepat untuk membantu korban gempa yang terjadi di Kabupaten Bangli dan Karangasem tersebut.

“Kita prihatin adanya gempa bumi di Bali,” kata Wapres usai melakukan olahraga pagi di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, Minggu (17/10).

Ma’ruf menyebutkan, pemerintah sesegera mungkin akan membantu Pemerintah Provinsi Bali dalam memitigasi korban dan menyalurkan bantuan. Untuk itu, ia menginstruksikan kepada jajaran terkait agar sigap dalam menangani bencana ini dan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi musibah yang terjadi.

“Pemerintah tentu akan mengambil langkah untuk membantu korban dan kepada masyarakat supaya tetap tenang semua. Dari BNPB supaya cepat melakukan antisipasi dan dibantu juga oleh TNI/Polri supaya masyarakat tetap tenang dan suasana juga terkendali,” paparnya.

Baca juga: Total Kerugian Gempa Bali Ditaksir Mendekati Rp1 Miliar

Menutup keterangannya, Ma’ruf mengungkapkan sebagai negara yang memiliki posisi geografis rawan gempa, ia berpesan agar masyarakat selalu waspada setiap saat akan bencana yang mungkin terjadi.

“Memang sebagai negara yang sering terjadi gempa, kita harus selalu siap menghadapi hal-hal seperti itu. Itu harapan saya,” pungkas Wapres.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi magnitude 4.8 terjadi di wilayah Karangasem, Bali pada Sabtu 16 Oktober 2021. Saat ini, penanganan telah dilakukan oleh BNPB dan pihak-pihak terkait lainnya. Masyarakat diimbau untuk terus waspada akan potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.(OL-5)

BERITA TERKAIT