16 October 2021, 15:25 WIB

Pengguna Kendaraan yang Datang ke SBPU Diajak Terapkan Prokes


mediaindonesia.com | Humaniora

KENAIKAN jumlah kasus pandemi Covid-19 mulai melandai di Tanah Air. Namun masyarakat terus diingatkan untuk tetap melakukan vaksinasi Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi gelombang ketiga.

Sejumlah lokasi masih menjadi tempat yang termasuk rentan terjadinya penularan Covid-19 salah satunya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pasalnya SPBU menjadi tempat pertemuan antara para pengguna kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar termasuk pekerja di sekitar SPBU.

Untuk menekan dan mencegah penularan Covid-19 di area SPBU, perusahaan produksi Antis hand sanitizer menggandeng Pertamina Retail sebagai anak usaha PT Pertamina Patra Niaga (Pertamina Group) untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dalam upaya mencegah penularan Covid-19, para pengguna kendaraan yang mampir atau mengisi bahan bakar di SPBU untuk menerapkan 6M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Terkait kegiatan penerapan 6M, Chief Sales & Marketing Officer Enesis Group, Ryan Tirta Yudhistira, menjelaskan bahwa hal ini bukan pertama kali Antis menggandeng pihak ketiga untuk menjangkau masyarakat dan memberikan edukasi tentang kebersihan tangan saat dalam perjalanan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Seperti yang kita tahu ketika melakukan suatu perjalanan akses kepada air mengalir dan sabun tidak banyak, maka kami memberikan edukasi untuk menggunakan Antis hand sanitizer sebagai alternatif pembersih tangan tanpa air, yang mengandung alkohol 70% dan sudah terbukti mampu mematikan 99% kuman dalam 4 detik,” ujar Ryan dalam keterangan pers, Sabtu (16/10).

“Banyak aktivitas yang kita lakukan dengan tangan, tanpa disadari kuman, bakteri, atau virus bisa menempel ditangan dan menjadikan tangan sebagai media penyebaran ke diri kita sendiri maupun kepada orang lain, itu sebabnya kebersihan tangan menjadi hal penting, dan dengan Antis hand sanitizer kita stop penyebaran kuman, bakteri dan virus itu,” tambahnya.

Sementara itu, Ridwan Hanif yang dikenal sebagai Youtuber bidang otomotif, mengatakan, dirinya menceritakan bahwa sebelum pandemi sudah menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu alternatif untuk menjaga kebersihan tangan sebagai bentuk dalam menjaga kesehatan

“Waktu mahasiswa sempet kena diare karena tidak cuci tangan sebelum makan, sejak itu kemana-mana bawa Antis, jadi ketika mau makan tidak ada air mengalir bisa pakai Antis," tutur Ridwan.

"Sekarang berkat kerja sama Antis dan Pertamina kita juga udah bisa menemukan Antis Dispenser di SPBU, dalam rangka meningkatkan protokol kesehatan, jadi setelah bertransaksi kita bisa langsung membersihkan tangan kita dari kuman,” ujarnya.

Selain Ridwan, turut hadir Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie, turut yang mengapresiasi kolaborasi Antis dan Pertamina.

“Ini merupakan langkah yang luar biasa dari Antis dan Pertamina, harapannya program ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19,” ungkap Jolene.

Sementara itu, Bayu Prasetyo, VP Marketing & Operation PT Pertamina Retail menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi antusiasme Antis untuk bekerja sama dalam menghadirkan solusi terbaik untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 khususnya bagi pengendara yang datang ke SPBU Coco di Pulau Jawa."

" Misi ini sejalan dengan komitmen Pertamina Retail Untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat akan pentingnya kesehatan dan membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” kata Bayu. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT