16 October 2021, 13:15 WIB

Penting, Menanamkan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Anak


Mediaindonesia.com | Humaniora

SETIAP ibu pasti menginginkan anaknya untuk tumbuh sehat dan kuat, bukan hanya secara fisik namun juga secara emosional dan mental. Masa kanak-kanak adalah masa kritis dalam tumbuh kembang seseorang serta merupakan tahapan kunci dalam pembentukan fisik dan kemampuan mental mereka.

Karena itu asupan gizi yang seimbang memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Asupan gizi seimbang juga bisa bantu menanamkan kebiasaan makan yang baik dan pengetahuan akan nutrisi tersebut bisa diterapkan si kecil sepanjang hidupnya.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Makan Jadi Modal Penting di saat ...
 
“Anak memiliki lambung yang lebih kecil dari orang dewasa sehingga ia akan makan dengan porsi yang sedikit. Untuk melengkapi asupan gizi seimbang harian dan mengimbangi energi yang dibutuhkan, anak membutuhkan camilan. Namun, jangan sembarang  memberikan camilan. Orang tua perlu cermat dalam memilih camilan yang baik, sehat dan bernutrisi. Jika anak terbiasa mengkonsumsi camilan yang kurang baik hal itu akan bisa mengganggu sistem imunnya. Diperkirakan bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pemilihan camilan yang kurang tepat,” ujar dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp. A (K).

Camilan sehat, kata dia sama pentingnya dengan makanan utama. Bantu tanamkan kebiasaan makan yang baik untuk anak dengan memberikan contoh yang baik yang bisa membantu menjaga berat badan seimbang dan mengalami pertumbuhan yang baik. Kebiasaan makan baik dari usia dini juga akan membantu mereka menjalankan gaya hidup sehat saat ia tumbuh dewasa.

“Pilihlah camilan yang mengandung nutrisi baik yang menyehatkan seperti yogurt yang punya kandungan susu dan juga bakteri sehat yang sangat baik untuk pencernaan anak-anak, karena di dalam sistem pencernaan anak terdapat komponen sistem imun yang berperan besar dalam daya tahan tubuh,” kata dr. Attila.
 
Selain memberikan contoh yang baik, penting juga menanamkan kebiasaan makan yang baik. Pertama, atur waktu makan dengan seluruh keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersama si kecil baik itu untuk santapan utama maupun menikmati camilan sehat. Kemudian berikan makanan yang bervariasi dan seimbang dari semua kelompok sumber zat gizi. Ketiga, berikan makanan yang bisa dengan mudah dicerna.

Keempat bantu belajar menggunakan sendok atau milih camilan dengan kemasan siap santap. Kelima melibatkan dia  saat memilih dan mempersiapkan hidangan. Jangan gunakan sembarang camilan sebagai iming-iming. Ketujuh ajarkan anak untuk membaca label pada kemasan makanan saat berbelanja dan kedelapan kurangi makanan siap saji di restoran.
 
Greenfields Kids' Yogurt Pouch diproduksi dari susu segar Greenfields berkualitas tinggi dan buah alami yang bernutrisi dan dapat membantu anak  mengenal berbagai macam rasa saat menikmati camilan baik yang sehat bernutrisi. Greenfields Kids’ Yogurt Pouch juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan anak karena mengandung probiotik, yakni bakteri baik untuk kesehatan usus yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengeluarkan bakteri buruk dari tubuh anak. Ada juga kalsium dan serat pangan.

“Kemasan camilan yang memiliki gambar-gambar lucu dapat menstimulasi daya imajinasi anak. Kemasan dengan desain unik dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak karena bisa membuat mereka ingin memegang dan menggerakkan kemasan tersebut, serta saat  dia meremas kemasan untuk meminum yogurtnya, otot-otot di tangannya juga terlatih untuk jadi semakin kuat. Dan dengan kemasan yang warna-warni juga bisa menstimulasi kognisinya dalam mengenal warna,” tutur dr. Attila.
 
Menurut Laura Phillips, Psy.D., neuropsikolog pediatrik di pusat pembelajaran dan pengembangan di Child Mind Institute di New York, anak-anak juga mengembangkan keterampilan yang mendasari pengaturan emosi seperti kesabaran, pengendalian diri, dan toleransi frustrasi. Ketika mereka memenuhi tujuan mereka, mereka kemudian menyimpan kesuksesan itu yang juga dapat berkontribusi pada peningkatan harga diri dan kemajuan diri.(RO/A-1)

BERITA TERKAIT