15 October 2021, 07:15 WIB

Ini Beda Mitosis dan Meiosis


Sofia | Humaniora

PEMBELAHAN sel dibedakan menjadi dua yakni mitosis dan meiosis. Apa perbedaan antara keduanya?

Sebenarnya, perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis cukup mendasar. Mitosis ditemukan Walther Flemming, yang merupakan ahli anatomi, sedangkan meiosis ditemukan Oscar Hertwig, yang merupakan ahli biologi. Keduanya sama-sama berasal dari Jerman. 

Baca juga: Perguruan Tinggi Dituntut Hasilkan Lulusan Yang Adaptif Dan Cekatan

Mitosis terdiri dari tahapan profase, metafase, anafase, telofase, dan sitokinesis. Sedangkan meiosis terdiri dari tahapan yang lebih panjang yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.

Tahapan pembelahan sel:

1. Pembelahan Sel 

Pada mitosis, sel somatik hanya sekali membelah pada tahap sitokinesis, sedangkan pada meiosis sel kelamin membelah dua kali pada tahap telofase I dan II. 

2. Kariokinesis
 
Kariokinesis adalah pembagian materi inti sel yang terjadi saat pembelahan sel. Kariokinesis pada mitosis terjadi saat interfase, sedangkan pada meiosis terjadi saat interfase I. 

3. Sitokinesis
 
Sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma yang terjadi saat pembelahan sel. Pada mitosis, sitokinesis terjadi di akhir tahap telofase, sedangkan pada meosis terjadi dua kali yaitu di akhir telofase I dan telofase II. (OL-1)

BERITA TERKAIT