14 October 2021, 21:48 WIB

Indonesia Penyumbang Polusi Plastik Kedua, Saatnya Beralih ke Kemasan Ramah Lingkungan


Mediaindonesia.com | Humaniora

Masyarakat maupun pemilik usaha saatnya mulai meninggalkan kemasan plastik. Seperti yang kita ketahui, plastik akan menjadi sampah yang sulit terurai bahkan masih akan ada sampai ribuan bahkan ratusan tahun. Biasanya plastik akan memakan waktu hingga 1.000 tahun untuk terurai di tempat sampah. Namun kantong plastik bisa membutuhkan 10-1.000 tahun untuk terurai.

Hanya sebanyak 14% persen kemasan plastik saja yang didaur ulang. Data LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menyebut sebesar 8,3 ton plastik mengalir ke Teluk Jakarta dan menjadikan Indonesia sebagai penyumbang polusi plastik kedua.

Sementara saat ini masih banyak para pebisnis yang masih menggunakan plastik sebagai pembungkus. Kini saatnya beralih ke kemasan yang eco friendly untuk lingkungan yang lebih baik. Bahkan banyak nilai lebih yang didapatkan masyarakat maupun pebisnis ketika menggunakan kemasan eco friendly.

Penggunaan kemasan eco friendly menjadi bentuk kita peduli sekaligus mengajak konsumen untuk berkontribusi atas iklim dan lingkungan yang semakin rusak akibat polusi, termasuk polusi plastik. Selain itu, kemasan eco friendly saat ini sudah didesain dengang sangat menarik sehingga bisa menggeser keberadaan plastik itu sendiri.

Custombox.id misalnya, kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Selain mudah terurai, bahan dasar dari produk ini juga terbuat dari kertas daur ulang yang sudah tak terpakai.
"Custombox.id membuat box atau kardus dari recycled material. Dari bahan daur ulang kertas jadi tidak berbahan plastik," ujar Dino Johari, founder Custombox.id.

Di bawah PT Custom Box Indonesia, Custombox.id memproduksi kemasan dari mulai proses daur ulang hingga menjadi box siap pakai di pabrik sendiri. Meski terbuat dari bahan daur ulang, kualitas kemasan ini sangat premium dan kokoh.
 
"Untuk box kita beda-beda, dari ketebalan, bentuk dan ukuran itu kita sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan customer. Biasanya customer itu rincikan kebutuhannya seperti apa, dari sana tim kami akan bantu untuk merekomendasikan packaging yang paling efisien serta paling cocok untuk kebutuhannya," jelas Dino.

Custombox.id memiliki tim profesional yang akan membantu customer mulai dari desain hingga pemilihan box yang tepat. Para tim ini akan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan branding produk milik customer.  "Misalnya ada yang butuh packaging untuk pengiriman gelas, kita akan buatkan packaging yang kuat agar gelas tidak pecah. Biasanya, untuk gelas kita juga buatkan sekat yang perfectly fit dengan gelasnya, agar barangnya tidak goyang pada saat pengiriman. Dan juga kita juga pasti sesuaikan design packaging yang sesuai dengan branding brand tersebut,” imbuhnya.

Sesuai dengan namanya, custombox.id, menerima pembuatan box sesuai dengan permintaan customer serta dari berbagai produk. Mulai dari produk fesyen, kopi, kosmetik dan skincare, sepatu bahkan sampai box furniture karena meski terbuat dari bahan daur ulang, kemasan Custombox.id tetap kokoh.

Seperti yang bisa dilihat di Instagram @custombox.id di sana terdapat contoh-contoh box kustom yang menarik dari bentuk, ukuran, desain hingga warna. Custombox sendiri tak asal-asalan dalam membuat box dan menyematkan desain.

Custombox.id akan membantu menaikkan brand dan nilai jual produk melalui kemasan mereka. Tak jarang kemasan menjadi yang pertama dilirik oleh masyarakat ketika melihat suatu produk, dan ini menjadi kelebihan Custombox untuk mewujudkan kemasan eco friendly yang dapat meningkatkan nilai jual.

Dibandingkan dengan kemasan plastik yang monoton, kemasan eco friendly Custombox.id bisa digunakan kembali oleh pembeli untuk kebutuhan lainnya seperti menyimpan barang, aksesoris atau lainnya. Satu hal yang tak kalah penting adalah Custombox memberikan minimum order yang rendah, sehingga sangat memudahkan bagi pebisnis pemula yang ingin membeli kemasan dalam jumlah kecil. (OL-12)

BERITA TERKAIT