13 October 2021, 23:34 WIB

iFortepreneur 4.0 Dorong Digitalisasi UMKM Indonesia


Widhoroso | Humaniora

PROGRAM 'iFortepreneur 4.0 untuk Kebangkitan UMKM Kreatif Indonesia' yang diluncurkan pada 16 September 2021, mendapat respon yang sangat positif dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tercatat, lebih dari 300 peserta UMKM yang berasal dari berbagai daerah, mulai DKI Jakarta, Aceh, Lombok hingga Labuan Bajo telah mendaftarkan diri dalam program.

Hal itu diungkapkan Head of Marketing Communication iForte Solsusi Infotek, Victor Sihombing, dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/10). Dikatakan, sesi workshop pertama telah dilakukan pada tanggal pada 6 Oktober 2021.

"Saat ini iFortepreneur 4.0 memasuki sesi workshop series ke-2. Dalam sesi workshop kali ini, iFortepreneur mengangkat 'Kisah Sukses Digitalisasi UMKM Indonesia' dengan menghadirkan narasumber dari JALA Tech dan Lemonto," jelasnya.

JALA Tech merupakan salah satu perusahaan rintisan yang menciptakan platform digital guna membantu petambak mengelola budi daya tambak udang dengan lebih baik dan membantu mengatasi kerugian dan ketidakpastian panen dengan aplikasi dan Big Data yang diciptakan oleh JALA Tech.

Sedangkan Lemonto merupakan sebuah UMKM dari Banyuwangi, Jawa Timur yang terinspirasi menciptakan berbagai produk olahan lemon dengan prinsip zero waste, produksi yang dihasilkan seperti minuman sari lemon, sabun, hand sanitizer dan lainnya. Lemonto telah menerapkan Digitalisasi dalam pemasaran hingga berhasil memasarkan produknya hingga ke pelosok Tanah Air.

Pada workshop series ke-2 ini, kedua narasumber UMKM yang sudah berhasil bertransformasi ke lini digital berbagi pengalaman dan proses yang dilakukan hingga akhirnya mereka sukses mengadopsi strategi Digitalisasidan dapat turut serta berkontribusi memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.

Yulianto Suharto dari SBM ITB menyampaikan bahwa pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan momentum pandemi untuk mengembangkan potensi ke dalam platform Digital, agar bisnis dapat tetap bertahan dan semakin berkembang.

Periode pengumpulan proposal iFortepreneur 4.0 akan ditutup pada 16 Oktober 2021. Setelah itu akan dipilih beberapa peserta dari total keseluruhan yang mendaftar untuk masuk dalam kualifikasi tahap 1 (satu) yang akan diumumkan pada 23 Oktober 2021.

"iFortepreneur 4.0 merupakansebuah persembahan iForte untuk mendukung pertumbuhan digitalisasi UMKM di Indonesia. iForte berkomitmen untuk berkontribusi aktif membangun dunia Connectivity Indonesia, agar semakin berkembang dan konsisten membawa dampak bagi kehidupan yang lebih baik. Diharapkan, program ini dapat bermanfaat dan membantu para pelaku UMKM untuk mengangkat potensi usaha secara lebih maksimal dengan bertransformasi ke platform digital," tambah Victor. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT