13 October 2021, 23:09 WIB

Indonesia Dorong Kesetaraan Gender Dan Pemberdayaan Perempuan ASEAN


Widhoroso | Humaniora

INDONESIA mendorong implementasi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di ASEAN. Hal tersebut ditegaskan Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N Rosalin dalam The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW).

"Saya ingin menegaskan kembali pentingnya komitmen kami untuk melaksanakan mandat ACW untuk mengarusutamakan gender di tiga Pilar Komunitas ASEAN dan melibatkan Badan Sektoral ASEAN untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan," ungkap Lenny dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/10).

Lenny, sebagai Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA sebagai sebagai ASEAN Commmitte on Women (ACW) Focal Point Indonesia menerima handover Chairpersonship untuk periode 2021-2022 dari ACW Kamboja. Sebagai ACW Chair, Lenny akan bertugas memimpin seluruh Sidang ACW dan memastikan pelaksanaan ACW Work Plan 2021-2025 berjalan dengan baik. Ia juga akan mewakili ACW dalam berbagai acara cross sectoral dan cross pilar di ASEAN.

Dalam kesempatan itu, Lenny mengucapkan terima kasih atas kesepakatan seluruh negara peserta dalam menyelesaikan implementasi Rencana Kerja ACW 2016-2020. Pihaknya juga meminta para focal point ACW untuk bersama-sama mengimplementasikan Rencana Kerja ACW 2021-2025 berikutnya.

"Saya menantikan implementasi Tahap 1 Rencana Kerja ACW 2021-2025, khususnya penyampaian masukan ACW tentang Sistem Monitoring dan Evaluasi," ungkap Lenny.

Lebih jauh, ia berharap pada opertemuan ACW ke-21 berikutnya yang akan diselenggarakan di Laos pada 2022, seluruh negara peserta dapat kembali berkumpul bersama membahas implementasi Rencana Kerja ACW selanjutnya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT