13 October 2021, 22:18 WIB

Kemenaker Susun Kerangka Klasifikasi Jabatan


Widhoroso | Humaniora

PEMERINTAH melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sedang melakukan digitalisasi jabatan-jabatan ketenegakerjaan. Hasil dari pengklasifikasian itu akan yang diunggah ke portal Kemnaker yakni melalui Sisnaker atau Karirhub.

"Terkait itu Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Workshop Penyusunan Informasi Jabatan di 15 sektor. Workshop yang berlangsung 7-9 Oktober lalu itu ini sangat penting," ucap Dirjen Binapenta dan PKK Kemenaker, Suhartono dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/10).

Suhartono menyatakan, penyusunan informasi jabatan di 15 sektor  merupakan langkah untuk menyediakan satu set kerangka klasifikasi jabatan yang konprehensif sebagai alat untuk mengorganisasi jenis jabatan yang didefinisikan dan dikelompokkan secara jelas, sesuai dengan tugas yang dilakukan dalam pekerjaan.

"Ini agar dapat digunakan untuk keseragaman dalam pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data jenis jabatan dalam statistik ketenagakerjaan," jelasnya Suhartono.

Penyusunan informasi jabatan di 15 sektor tersebut yaitu sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Pertambangan dan Penggalian; Kesehatan Manusia dan Aktivitas Sosial’; Hiburan dan Rekreasi; Industri Pengolahan; Pengadaan Listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin; Kontruksi; dan Perdagangan besar dan eceran.

Selain itu terdapat sektor Reparasi dan Perawatan Mobil; Pengangkutan dan Pergudangan; Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum; Informasi dan Komunikasi; Aktivitas Keuangan dan Asuransi; Pendidikan; Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis;  dan Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib. (OL-15)

BERITA TERKAIT