13 October 2021, 14:13 WIB

Yuk Kenalan dengan Proses Fotosintesis


Sofia | Humaniora

PROSES fotosintesis merupakan proses tumbuhan dalam memproduksi makanannya. Proses ini melibatkan peran cahaya matahari dan dapat disebut sebagai proses reaksi kimia yang terjadi pada tumbuhan berklorofil hijau dengan cahaya matahari.

Baca juga: Pemkot Kota Batu Dorong Produk Tanaman Hias Tembus Pasar Ekspor

Fotosintesis berlangsung dalam kondisi di mana energi cahaya matahari mengalami perubahan energi kimia bermanfaat untuk mengubah air, karbondioksida, dan mineral menjadi oksigen dan senyawa organik. Tumbuhan bisa "menciptakan" makanan mereka yang proses produksinya tersebut dinamakan fotosintesis. Reaksi ini merupakan hasil dari produksi makanan untuk keberlangsungan hidup tumbuhan. 

Berikut adalah kondisi yang menyebabkan proses fotosintesis bisa berhasil:

1. Karbondioksida yang ada di udara masuk melalui stomata yang ada di daun lalu akar tumbuhan menyerap air dari dalam tanah, kemudian membawanya ke daun. 

2. Di dalam daun, karbondioksida dan air diproses oleh sinar matahari. Hasil dari proses fotosintesis tersebut berupa glukosa, oksigen, dan air. 

3. Oksigen yang dihasilkan tumbuhan kemudian dilepaskan melalui stomata. Oksigen tersebut bisa dinikmati oleh makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan. 

4. Glukosa akan didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan. Glukosa yang tersimpan dalam tubuh tumbuhan bisa menjadi sumber bahan makanan untuk makhluk hidup lainnya.

5. Hewan herbivora dan omnivora memanfaatkan tubuh tumbuhan sebagai sumber makanan baik pokok maupun sekunder.

6. Kemudian hewan herbivora menjadi makanan pokok hewan karnivora dan omnivora.

7. Jika tumbuhan tidak berfotosintesis, maka rantai makanan akan terganggu dan hewan atau makhluk lainnya akan mati karena kekurangan makanan. 

Nah itu lah penjelasan bagaimana proses fotosintesis tumbuhan.(OL-5)

BERITA TERKAIT