12 October 2021, 17:10 WIB

Lewati Tantangan Pandemi, Nadiem Apresiasi Kerja Keras Guru


Faustinus Nua | Humaniora

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengapresiasi kerja keras para guru dan tenaga kependidikan selama masa pandemi covid-19. Dia memuji ketangguhan para guru yang sudah berjuang untuk terus mendidik generasi bangsa meski harus menghadapi tantangan yang sulit.

"Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi ibu bapak dalam mendidik anak-anak Indonesia menjadi generasi Pancasila yang cerdas berkarakter," ungkapnya dalam Peluncuran Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar, Selasa (12/10).

Menurutnya, berkat ketangguhan guru yang melayani siswa maka dunia pendidikan Indonesia bisa memulai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Para guru telah berusaha beradaptasi dengan pembelajaran daring dan bahkan harus mengunjungi ke rumah masing-masing siswa.

"Sekarang berkat ketangguhan ibu bapak kita berhasil melewati masa yang penuh tantangan ini. Saat ini kita mulai menerapkan PTM terbatas dengan prokes ketat demi keselamatan warga sekaolah," imbuhnya.

Lantas, dengan dedikasi penuh para guru, Kemendikbud-Ristek pun terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik. Kementerian berkomitmen untuk mendukung dan membantu para pendidik. Nadiem mengatakan bahwa sejumlah kebijakan diterapkan untuk membantu para guru. Mulai dari relaksasi dana BOS, penerimaan ASN PPPK, penyederhanaan kurikulum, program Guru Belajar dan Berbagi hingga memprioritaskan vaksinasi bagi para guru.

"Karena seperti ibu dan bapak guru yang tidak pernah berhenti mengabdikan diri untuk pendidikan, kami juga terus berupaya untuk memberikan prlayanan terbaik untuk para guru dari Sabang sampai Merauke," tutur Nadiem. Mendikbud-Ristek pun berjanji akan terus berupaya mendengarkan masukan dari para guru serta memprioritaskan peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru demi kemajuan Indonesia di masa mendatang.(H-1)

BERITA TERKAIT