12 October 2021, 15:33 WIB

Kemenkes Siapkan Vaksinasi Dosis 3 di Tahun 2022


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan Republik Indonesia saat ini tengah mempersiapkan skenario pemberian dosis ketiga vaksin untuk covid-19.

"Nanti kita lihat bagaimana pembahasannya, juga sudah kita siapkan di tahun 2022 untuk semua sasaran baik melalui mekanisme mandiri ataupun pada populasi tertentu yang akan di tanggung pemerintah," ujar Jubir vaksinasi covid-19 Kemenkes Nadia Tirmidzi dalam keterangannya, Selasa (12/10).

Mengenai vaksin booster sebagai persyaratan Umrah, Nadia mengatakan selain vaksinasi terkait teknik lainnya juga, saat ini masih dalam pembahasan dengan Pemerintah Arab Saudi.

"Nanti masih akan dilakukan pengaturan teknis bukan hanya soal vaksinasi tetapi juga soal karantina, prokes dan hal lainnya termasuk mitigiasi bila ada kasus positif," ungkapnya.

Baca juga: Ini 10 Vaksin Covid-19 yang Kantongi Izin Penggunaan Darurat Badan POM RI

Meski sudah merencanakan pemberian dosis ketiga pada tahun 2022 bagi masyarakat umum, namun booster bagi calon jemaah Umrah, Kemenkes masih terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Nanti kita lihat lebih lanjut yaa," imbuh Nadia.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah memberikan surat untuk para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) agar memberikan data calon jemaah yang telah melakukan vaksinasi dosis kedua.

Data Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH) mencatat, per November 2020, ada 26.328 jemaah yang tertunda keberangkatannya dan berusia 18 sampai 50 tahun.(OL-5)

BERITA TERKAIT