12 October 2021, 11:46 WIB

Kemenpora Dorong Partisipasi Pemuda Dukung KTT G20 2022


mediaindonesia.com | Humaniora

PERAN dan partisipasi pemuda sangat diharapkan dalam mendukung presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Indonesia menjadi tuan rumah dan akan dilaksanakan di Bali dan didukung pelaksanaannya oleh lima destinasi wisata super prioritas lainnya, yakni Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), selain dari Wisata Candi Borobudur, Danau Toba Sumatera Utara, Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Likupang di Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh, dalam acara Penugasan Organisasi Kepemudaan di Labua Bajo, NTT, Senin (11/10)

“Karena itu, Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas harus berbenah, khususnya kesiapan para pemudanya yang mampu mengoptimasi potensi dan kemampuannya dalam menunjang perkembangan pariwisata di Labuan Bajo” ujar Ni’am.

Lebih Lanjut Ni’am menyampaikan bahwa pemuda seharusnya memiliki dua potensi utama, pertama, leadership yang responsif yaitu jiwa kepemimpinan yang mampu tanggap terhadap beragam isu strategis.

"Termasuk menjadi pemuda pelopor yang sadar dalam merawat potensi wisata dan kedua, entrepreneurship yang lebih kreatif dalam menangkap peluang dan menghadapi tantangan yang ada," jelas Ni'am. 

Kegiatan yang juga dihadiri Sekertaris Deputi Bindang Pengembangan Pemuda Amar Ahmad ini dilakukan secara hybrid dihadiri oleh 200an peserta yg dipusatkan di 2 tempat yaitu di SMKN ST 1 Gratius Layola dan SMKN 1 Labuan Bajo. Kedua tempat kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam laporan kegiatannya Plt.Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Pramuka, Kemenpora, Imam Gunawan, menyampaikan bahwa kegiatan penguatan organisasi kepemudaan ini dihadiri oleh para pengurus organisasi pelajar, organisasi kepemudaan dan organisasi kepramukaan.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi aktif pemuda dalam mendukung isu isu strategis yang dicanangkan pemerintah termasuk upaya meningkatkan kesadaran merawat dan mempromosikan destinasi parawisata super prioritas dan kesehatan reproduksi pemuda," jelas Imam.

Selanjutnya Kadisdikpora Manggarai Barat, Drs. Bernandus Nando menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh kemenpora dalam penyelenggaraan acara untuk menggelorakan semangat bagi pemuda di Labuan Bajo.

Apalagi kini Labuan Bajo, NTT, sudah berada pada level 2 di masa pandemi ini dan sejumlah sekolah sudah mulai melaksanakan tatap muka. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT