12 October 2021, 08:53 WIB

Institut Teknologi PLN Persiapkan Lulusan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0


mediaindonesia.com | Humaniora

REVOLUSI Revolusi industri 4.0 merupakan perubahan fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru. Gelombang keempat dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri.

Di revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (internet of things), komputasi awan (cloud computing), dan komputasi kognitif.

Di era revolusi industri 4.0, akan banyak bermunculan pabrik cerdas berstruktur modular dengan sistem siber-fisik yang mengawasi proses produksi fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat atau mengambil keputusan yang tidak tersentralisasi. 

Lulusan perguruan tinggi harus mampu menghadapi kebutuhan tuntutan era revolusi industri 4.0. Untuk itu, Sekolah Tinggi Teknik PLN menjadi Institut Teknologi PLN (IT PLN) pada Januari 2020 yang lalu membentuk program studi baru untuk menjawab tantangan tersebut.

"Pembukaan program studi baru guna mempersiapkan era revolusi industri 4.0 untuk penambahan kompetisi diri dan agar mampu mampu untuk beradaptasi dalam hal pembelajaran dengan bantuan teknologi, serta diharapkan agar mampu memberikan kontribusi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT pada keterangan pers, Selasa (12/10).

Pernyataan Prof.Iwa seiring dengan pembukaan program studi Pada Institut Teknologi PLN di Jakarta. Program baru yaitu Program Studi (Prodi) S1 Kewirausahaan dan Prodi S1 Teknik Industri di Fakultas Teknik dan Bisnis Energi dan Prodi S1 Sistem Informasi di Fakultas Telematika Energi telah dinyatakan resmi.

Kepastian resmi setelah acara penyerahan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 391/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pada Institut Teknologi PLN di Jakarta di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jl. SMA Negeri 14, Cawang, Jakarta Timur.

Acara penyerahan SK tersebut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI III Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc , Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT, Wakil Rektor I Bapak Luqman, ST., M.Kom, Manager Pangkalan Data dan Sistem Informasi Ibu Yessy Fitriani, ST., M.Kom, dan juga perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang hadir untuk menerima SK Menteri pada hari yang sama.

Dalam sambutannya, Prof. Agus menyampaikan pesan kepada Perguruan Tinggi untuk tidak segan berkomunikasi dengan LLDIKTI III terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di Kampus masing-masing.

Pada kesempatan itu pula, Prof. Iwa selaku Rektor ITPLN menyampaikan rencana ITPLN untuk menambah kampus baru sehingga nantinya akan ada kampus selain yang ada di Cengkareng dan juga Lebak Bulus.(RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT