07 October 2021, 21:10 WIB

Cuaca Ekstrem Rusak 57 Rumah Warga Musi Rawas Utara


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

SEBANYAK 57 rumah warga yang berada di Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatra Selatan, mengalami kerusakan sedang. Kondisi tersebut diakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang, Selasa (5/10) pukul 21.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara mencatat sebanyak 57 KK di Desa Ketapat Air Bening, Kecamatan Rawas Ilir, terdampak peristiwa tersebut.

Selanjutnya, BPBD Kabupaten Musi Rawas Utara melakukan peninjauan langsung ke lokasi kejadian dan kaji cepat untuk dapat mendukung upaya penanganan pascakejadian dan pendistribusian bantuan kepada warga terdampak.

Baca juga: Infrastruktur Hambat Akses Perempuan dalam Ekonomi Digital

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 7 sampai 9 Oktober 2021, Provinsi Sumatra Selatan didominasi cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan BNPB mengimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca melalui laman BMKG dan potensi bencana yang ada di wilayah tempat tinggal melalui inaRISK.

"Masyarakat dan perangkat daerah setempat dapat melakukan langkah mitigasi dan kesiapsiagaan dengan melakukan pemeriksaan ketahanan rumah warga secara berkala," paparnya.

Dia menambahkan memperbaiki bagian rumah warga yang mengalami kerusakan, mempersiapkan rencana dan lokasi evakuasi warga untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat cuaca ekstrem.(H-3)

BERITA TERKAIT