05 October 2021, 19:41 WIB

Kasus Aktif RI Turun di Bawah 1% dalam Sepekan Terakhir


Atalya Puspa | Humaniora

SATGAS Penanganan Covid-19 mengungkapkan bahwa kasus covid-19 di Indonesia terus menunjukan perbaikan. Dalam sepekan terakhir, kasus aktif di Indonesia untuk pertama kalinya berada di angka 0,86%.

"Ini perkembangan yang sangat baik. Mengingat pada lonjakan kemarin, kasus aktif kita mencapai 19%," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa (5/10).

"Bahkan, rata-rata dunia pun tidak pernah mencapai 1%. Saat ini, kasus aktif dunia berada di angka 7,7%. Penurunan ini berhasil kita capai dalam waktu kurang lebih dua bulan," imbuhnya.

Baca juga: Waspada Hoaks, Kominfo Ajak Masyarakat Lebih Kritis

Selain penurunan kasus aktif, lanjut Wiku, Indonesia juga mengalami penurunan kasus positif 34,6% dalam sepekan terakhir. Untuk pertama kalinya pada 4 Oktober 2021, Indonesia mencatatkan penambahan kasus harian di bawah 1.000 orang.

"Selain itu, kesembuhan mengalami peningkatan. Pada minggu ini, angka kesembuhan mencapai 95,77%. Angka ini meningkat dibanding persentase kesembuhan pada lonjakan kasus lalu, yang mencapai 80,23%," jelas Wiku.

Baca juga: BRIN Pastikan Riset Covid-19 Tetap Berjalan

Namun, dirinya menyoroti sejumlah daerah yang masih mengalami peningkatan kasus tinggi. Papua dan Aceh masuk dalam lima besar provinsi dengan angka kematian dan kasus aktif tertinggi. Dua provinsi itu juga memiliki angka BOR tertinggi masing-masing 20,52% dan 14,27%

Selain itu, terdapat provinsi lain yang mencatatkan angka BOR tertinggi, yakni DI Yogyakarta (15,84%), Bali (11,28%) dan NTT (11,44%). "Perlu perhatian pada lima provinsi ini untuk menurunkan BOR di wilayahnya masing-masing. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan pasien agar bisa sembuh," tutupnya.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT