01 October 2021, 09:05 WIB

Hari Kopi Internasional, Jangan Buang Ampasnya


Zubaedah Hanum | Humaniora

TANGGAL 1 Oktober dirayakan sebagai Hari Kopi Sedunia. Minum kopinya, jangan buang ampasnya karena ada beragam manfaat ampas kopi yang perlu diketahui.

1. Membersihkan Kulit
Dilansir dari laman Klikdokter, ampas kopi bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub wajah dan badan.

Lakukanlah scrub menggunakan ampas kopi seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat. Anda bisa melakukannya dengan gerakan memutar.

2. Mengurangi Selulit
Selulit adalah musuh utama kebanyakan wanita karena sulit dihilangkan. Kabar baiknya, ampas kopi dapat digunakan untuk membantu mengurangi tampilan selulit.

Kafein dalam ampas kopi bekerja dengan menarik cairan dari sel lemak dalam selulit. Gurat selulit pun tampak mengecil dan kulit terlihat lebih halus.

3. Obati mata sembab
Manfaat lain dari ampas kopi adalah mampu mengempiskan mata yang sembap. Istimewanya lagi, bahan alami ini juga bisa membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Kafein pada kopi bekerja dengan melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi penumpukan cairan di bawah mata.

4. Antipenuaan
Menggunakan ampas kopi dalam rangkaian perawatan wajah bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti flek kehitaman dan garis-garis halus wajah.

Kandungan antioksidan polifenol dalam kopi membantu mencegah kerusakan kulit. Kulit pun akan tambah sehat dan awet muda.

5. Mengurangi Peradangan pada Kulit
Ampas kopi juga bisa mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat ini dihubungkan dengan adanya chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin dalam kopi.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam ampas kopi juga bersifat menenangkan ketika di oleskan pada kulit yang meradang.

6. Bantu Mengatasi Jerawat

Ampas kopi memang tidak serta merta langsung menghilangkan jerawat. Namun, adanya kandungan CGA dalam ampas kopi mampu mengurangi peradangan, sekaligus memiliki sifat antibakteri.

Melakukan scrub wajah secara teratur dengan ampas kopi juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori yang bersih akan menghindarkan Anda dari kemunculan jerawat.

7. Mencegah Kanker Kulit
Tak hanya untuk kesehatan jantung, kopi juga bisa bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Kopi memang kaya akan vitamin B3 (niacin). Vitamin ini membantu tubuh memperbaiki kerusakan sel akibat paparan sinar UV dan menurunkan risiko terjadinya kanker kulit.

Menambahkan perawatan wajah yang mengandung vitamin B3, seperti di dalam ampas kopi, membantu Anda terhindar dari kanker kulit.

8. Menjaga Kulit Kaki Tetap Sehat
Ampas kopi tak hanya untuk kulit wajah. Anda bisa juga menggunakannya untuk membersihkan kulit kaki agar tetap halus dan terbebas dari kaki pecah-pecah.

Selain itu, memijat sekaligus membersihkan kaki dengan ampas kopi juga membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Aroma ampas kopi juga bisa menyingkirkan bau tak sedap pada kaki, utamanya saat Anda mengenakan kaus kaki sepanjang hari. (H-2)

BERITA TERKAIT