30 September 2021, 20:48 WIB

Dua Wartawan Media Indonesia Memenangi Lomba Jurnalistik ESDM


Siswantini Suryandari | Humaniora

DUA wartawan Media Indonesia, Bagus Suryo dan Palce Amalo memenangi juara lomba karya tulis jurnalistik 2021 bertema Energi Bangkitkan Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

Bagus Suryo dengan karya tulis jurnalistik berjudul Dusun Kasin Kampung Metana Mandiri Energi meraih juara kedua. Sedangkan Palce Amalo yang menulis berjudul Oelpuah Yang Temaram Telah Benderang menjadi juara favorit.

Bagus Suryo dalam karya jurnalistiknya mengangkat Dusun Kasin yang memiliki gas metana yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Selama belasan tahun, bioenergi memberikan manfaat bagi masyarakat Dusun Kasin. Di setiap rumah tangga tertempel stiker bertuliskan 'Kampung methane, Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Stiker itu menandai rumah ini telah menggunakan gas methane dari pengolahan sampah.

Baca juga: Kemerdekaan Pers Bisa Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia

Di kampung itu, sistem perpipaan tertata rapi melintasi depan rumah warga lengkap dengan tanda papan pipa distribusi gas metana. Lingkungan pun bersih, warga hidup harmonis kendati permukiman berdekatan dengan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung.

Sedangkan tulisan Palce Amalo menyoroti Desa Oelpuah di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang sejak ratusan tahun lalu gelap gulita itu telah terang benderang.

Ketiadaan listrik menjadi salah satu penyebab kehidupan warga selama ini kurang produktif. Berbeda dengan desa terdekat, Noelbaki dan Tarus, yang setiap hari benderang sehingga warganya dapat berproduksi hingga malam hari.

Dengan adanya listrik, masyarakat di Desa Oelpuah semakin produktif dan tingkat perekonomian mereka meningkat. Laporan jurnalistik Palce Amalo adalah satu dari 10 wartawan yang masuk dalam kategori favorit pilihan dewan juri lomba karya tulis jurnalistik kemandirian energi. (OL-4)

BERITA TERKAIT