30 September 2021, 13:19 WIB

DPM Universitas Indonesia Perkuat Nilai Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan


mediaindonesia.com | Humaniora

PEMGUATAN Penguatan Pancasila dikalangan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) memang sudah cukup berkembang saat ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pelaksanaan program ospek seluruh mahasiswa baru UI dalam acara Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI yang mengusung tema "Ragam Gelora" sebagai bentuk penyadaran kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia sebagai bangsa yang ber-bhinneka tunggal ika. 

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Indonesia (DPM UI), Yosia Setiadi, menjelaskan dengan membangun kesadaran mahasiswa baru UI sebagai generasi penerus bangsa dan almamater dalam berbhinneka tunggal ika, para mahasiswa diharapkan dapat semakin mencintai dan memahami Pancasila sebagai dasar negara.

"Mahasiswa juga dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap bangsa dan negara melalui berbagai potensi yang dimiliki masing-masing," kata Yosia pada keterangan pers, Kamis (30/9).

"Namun, penggeloraan keberagaman ini tidak serta merta hanya terlaksana saat ini saja, melainkanmenjadi pondasi dalam penanaman dan penguatan Pancasila secara kontinyu dan konsisten terhadap seluruh mahasiswa UI dalam menjalankan amanahnya membanggakan bangsa, negara, dan almamater tercintanya," paparnya.

"Pelaksanaan program ospek seluruh mahasiswa baru UI dalam acara OKK UI yang mengusung tema "Ragam Gelora" sebagai bentuk penyadaran kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia sebagai bangsa yang ber-bhinneka tunggal ika," jelas Yosia.

"Menjelang pelaksanaan kuliah tatap muka, maka saya berharap semoga pondasi-pondasi awal penggeloraan ini akan mewujudkan mahasiswa UI yang ber-Pancasila, menghormati setiap perbedaan, baik suku, agama, ras, maupun pendapat dan pemikiran," tuturnya.

Terkait persiapan pelaksanaan kuliah tatap muka, Yosia mengatakan dari piham kampus UI sendiri sudah mengadakan berbagai program vaksinasi yang bekerja sama dengan organisasi mahasiswa di UI serta pihak-pihak eksternal. Sosialisasi perencanaan prokes dalam pelaksanaan kuliah tatap muka juga akan lebih digalakkan. 

UI juga, menurut Yosia terus konsisten dalam mendukung program vaksinasi di berbagai daerah. Penyuluhan kepada para mahasiswa UI yang sedang berada di daerah terus dilakukan agar mereka segera melakukan vaksinasi dilokasi terdekat, didaerah masing-masing. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT