30 September 2021, 08:15 WIB

Indosat Ooredoo Dukung Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui SheHacks dan IDCamp


Basuki Eka Purnama | Humaniora

INDOSAT Ooredoo senantiasa berkomitmen mendukung pemberdayaan anak muda melalui pemanfaatan teknologi yang inklusif dan penyaluran bakat digital, di antaranya melalui SheHacks dan IDCamp, yang juga menyasar penyandang disabilitas. 

Kedua program itu memiliki satu tujuan yang sama yaitu mencari solusi real-life yang aplikatif bagi pertumbuhan talenta digital dan ekonomi digital di Indonesia.

Melalui SheHacks 2021, sebuah program inovasi untuk memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia di bidang teknologi, Indosat Ooredoo telah mengumumkan Ruang Terang, sebuah aplikasi yang ramah disabilitas, sebagai salah satu pemenang pada tahun ini. 

Baca juga: Bantuan untuk Perempuan Kelompok Rentan

Ruang Terang menghadirkan solusi bagi penyandang disabilitas dengan menciptakan ruang yang lebih luas dalam mengakses pendidikan formal dan informal serta terhubung dengan komunitas disabilitas. 

Platform itu dikembangkan Tim Triasih, yang terdiri dari tiga perempuan berprestasi, yaitu Jihan Nurul Qomariah Khalishah, Rizki Alfitri Ramadhani, dan Alifia Putri.

Ruang Terang memiliki tiga layanan ramah disabilitas yang berbasis aplikasi web, yaitu Smart Room, Creative Room, dan Inclusion Room untuk meningkatkan taraf pendidikan, skill personal, dan awareness bagi penyandang disabilitas. 

Ruang Terang berbeda dengan platform edukasi pada umumnya, dengan menghadirkan video tutorial penggunaan bahasa isyarat dan huruf braille serta menyediakan fitur talkback, live transcription, group chat, live chat dengan tutor, forum diskusi bagi orang tua, dan juga konsultasi dengan psikolog bagi orang berkebutuhan khusus.

Untuk mewujudkan inovasi Ruang Terang menjadi solusi yang nyata dan berkelanjutan, Indosat Ooredoo melakukan pendampingan selama 4 bulan kepada Tim Triasih yang mengembangkan solusi Ruang Terang dan menawarkan kepada mitra global potensial untuk kemungkinan pengembangan bahkan pendanaan solusi tersebut.

Selain melalui SheHacks, Indosat Ooredoo juga turut mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program IDCamp, sebuah program beasiswa untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. 

Sejak diluncurkan pada 2019, IDCamp telah memberikan beasiswa belajar coding bagi 1.512 penyandang disabilitas. 

Di akhir program, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Dicoding untuk membantu talenta digital lulusan terbaik IDCamp memperoleh sertifikasi dan akses pengembangan karir dalam meraih peluang kerja yang lebih baik.

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan, “Indosat Ooredoo percaya bahwa upaya pemanfaatan teknologi digital harus bersifat inklusif agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Program-program yang kami kembangkan, seperti SheHacks dan IDCamp, hadir dengan komitmen dan tujuan sederhana: untuk memberdayakan generasi muda melalui pemanfaatan teknologi digital secara inklusif dan penyaluran bakat digital, yang juga menyasar penyandang disabilitas. Melalui komitmen ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa generasi muda dapat berkontribusi aktif dalam upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.” (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT