29 September 2021, 13:42 WIB

Dubes Uni Eropa Ajak Universitas di Indonesia Kolaborasi dengan Universitas Eropa


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

DUTA Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, mengajak universitas di Indonesia dengan universitas-universitas di Uni Eropa untuk berkolaborasi agar area belajar mahasiswa menjadi sangat luas.

Dirinya menjelaskan 3 cara kunci mahasiswa di Uni Eropa bisa belajar di berbagai negara dengan cara kolaborasi dari berbagai universitas di berbagai negara.

Pada tahun 2017 negara-negara anggota Uni Eropa dalam sebuah pertemuan memutuskan bahwa ingin menciptakan area pendidikan Eropa atau European Education Area yang melibatkan seluruh negara anggota Uni Eropa dan membangun suatu kesamaan bersama.

"Saya bisa memahami hal ini ada tiga prioritas penting yang kami tetapkan dibidang pendidikan tinggi kami. Pertama tentunya adalah membangun jejaring dan antar universitas-universitas Eropa," kata Vincent dalam webinar Universitas Nusa Cendana, Rabu (29/9).

Berbagai universitas di Uni Eropa yang terdiri dari 30 ribu mahasiswa dan dengan ribuan staf memiliki potensi yang sangat luar biasa namun tetap saja tidak bisa semuanya dilakukan sendirian oleh satu universitas saja.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas universitas harus bekerja sama dengan universitas lain baik di negara sendiri maupun di negara lain Dan inilah yang dicoba dilakukan oleh Uni Eropa.

Upaya yang kedua yakni Uni Eropa mencoba untuk membangun dan menyebarkan jaringan universitas di Eropa ini membangun semacam aliansi untuk menyebarluaskan nilai-nilai bersamaan namun juga untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan tinggi Eropa di berbagai bidang.

Dan ketiga yakni Kartu mahasiswa Eropa ini adalah sesuatu yang akan didapatkan setiap siswa yang mereka akan dapatkan akses yang mudah untuk mengakses berbagai resource atau sumber daya pendidikan yang lain membawa kartu mahasiswa ini akan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya di berbagai tempat di tempat lain.

"Upaya ini merupakan bisa dikatakan revolusi yang luar biasa dalam bidang pendidikan kami terbukti sangat berguna karena memungkinkan para siswa bisa mengikuti kursus kursus daring di berbagai Universitas lain," ungkapnya.

"Inilah tiga kunci yang kami tetapkan di Eropa dan tentunya kami dengan senang hati akan berbagi sistem ini atau teknik-teknik melaksanakan hal ini dengan rekan-rekan kami di Indonesia dan ASEAN dan Bapak Ibu bisa mendapatkan manfaat dari hal ini," pungkasnya. (Iam/OL-09)

BERITA TERKAIT