28 September 2021, 19:10 WIB

Presiden: Mangrove Kekuatan Indonesia yang Harus Dijaga


Andhika Prasetyo | Humaniora

INDONESIA merupakan negara dengan hutan mangrove terluas di dunia yakni mencapai 3,36 juta hektare. Sumber daya dengan jumlah yang luar biasa itu tentu harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. 

“Kurang lebih 20% dari total hutan mangrove dunia ada di Indonesia. Artinya, kita memiliki sebuah kekuatan dalam potensi hutan mangrove. Tetapi, yang paling penting adalah bagaimana kita memelihara, merawat dan merehabilitasu yang rusak, sehingga betul-betul hutan mangrove kita ini semua terjaga,” ujar Presiden Joko Widodo usai menanam mangrove bersama masyarakat di Pantai Setokok, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/9). 

Kepala negara menambahkan, dalam program rehabilitasi, pemerintah selalu melibatkan peran dari berbagai pihak terutama masyarakat di sekitar hutan mangrove 

"Kita selalu melibatkan komunitas pecinta lingkungan hidup, komunitas nelayan untuk menanam, memelihara, merehabilitasi hutan-hutan mangrove kita,” tuturnya. 

Baca juga : Toyota Serahkan Bantuan Rp1,1 Miliar dan Plasma Konvalesen pada PMI

Hutan mangrove beserta seluruh makhluk hidup di dalamnya merupakan sebuah ekosistem yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga perekonomian masyarakat. 

Hutan di pesisir pantai itu mampu mengurangi abrasi akibat gelombang air laut, dan megurangi emisi karbon lebih banyak dibandingkan hutan-hutan tropis di darat. 

Dari sisi ekonomi, hutan mangrove bisa dimanfaatkan sebagai tujuan wisata berbasis lingkungan. 

“Sekali lagi, sebagai negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia, kita wajib memelihara ini. Karena apa pun, ini adalah kekuatan Indonesia,” tandas Jokowi. (OL-7)

BERITA TERKAIT