28 September 2021, 13:18 WIB

Hari Rabies Sedunia, Anies Pastikan Jakarta Ramah Hewan


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

UNTUK memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada hari ini, Selasa (28/9), Pemprov DKI Jakarta mencanangkan Ibu Kota yang tidak hanya bebas Rabies, namun juga ramah dalam memfasilitasi, serta melayani hewan agar terawat dengan baik.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI, Pemprov DKI Jakarta mengajak kolaborasi warga dalam memperingati Hari Rabies Sedunia, dengan mengusung tema, "Rabies Facts, Not Fear" di Ancol, Jakarta Utara. Dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan pihaknya konsisten menjaga Jakarta bebas dari wabah rabies.

Baca juga: Peringati Hari Jantung Sedunia 2021, Masyarakat Diajak Ambil Peran Lakukan Pencegahan

"Alhamdulillah saat ini Jakarta merupakan wilayah bebas rabies. Tapi ini harus dijaga bersama dengan serius, yakni dengan melakukan layanan vaksinasi, sterilisasi dan adopsi. Jakarta hingga 27 September 2021 sudah melakukan vaksin rabies sebanyak 360.700 lebih, itu 110% dari target. Kemudian sterilisasi kucing tak berpemilik mencapai 4.200 lebih, ini adalah 155% dari target yang kita harapkan," ujar Anies dalam keterangan resmi, Selasa (28/9).

Lebih lanjut, Anies ingin memastikan seluruh hewan yang memiliki pemilik, bahkan yang tidak ada pemilik tetap harus diperhatikan. Hal ini untuk menunjukkan komitmen Jakarta sebagai salah satu Kota yang ramah dan serius dalam memperhatikan kesehatan hewan.

"Jadi kami ingin peringatan Hari Rabies bukan sekadar kegiatan vaksinasi saja,  tapi kita memastikan Jakarta menjadi kota ramah satwa, di mana warganya memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap satwa-satwa di kota ini. Secara khusus saya ingin sampaikan terima kasih kepada seluruh komunitas pecinta hewan yang sudah ikut bekerja bersama, yang telah jadi kolaborator dengan kami di DKI Jakarta untuk melindungi, menyayangi, dan memastikan hewan-hewan ini bisa hidup baik di kota ini," tambah Anies.

Di samping itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menggarisbawahi bahwa ketiga program seperti vaksinasi, sterilisasi, dan adopsi adalah fokus utama dari Pemprov DKI agar misi Kota ramah hewan bisa disematkan di Ibu Kota.

"Ada layanan vaksinasi drive thru di seluruh wilayah DKI Jakarta. Dan kita undang kepada masyarakat untuk silakan yang punya hewan peliharaan dan ingin dapatkan vaksinasi bisa diberikan dan dilayani. Ketika kita lakukan vaksinasi tidak dilihat KTP pemiliknya. Jadi siapa saja silahkan datang, nanti dapat vaksinasi. Jakarta kewenangannya dibatasi administrasi, tapi pelayanannya diberikan kepada siapa saja," pungkas Anies. (Put)

BERITA TERKAIT