27 September 2021, 10:28 WIB

Jelang PON XX Papua, BNPB Masif Bagikan Masker


Atalya Puspa | Humaniora

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memasifkan pembagian masker melalui Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Gerakan ini dimaksudkan untuk penguatan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, khususnya memakai masker, oleh semua lapisan masyarakat.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB selaku Ketua Satgas Protokol Kesehatan PON XX Papua Prasinta Dewi yang didampingi oleh Wakil Ketua Harian Bidang I PB PON XX Papua Sub Mimika, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mimika melepas mobil masker untuk masyarakat di depan Kantor Sekretariat PB PON XX Papua Sub Mimika, Kabupaten Mimika.

Sebanyak 1.500 masker dibagikan kepada masyarakat di dua titik lokasi pada hari ini. Kedua titik lokasi tersebut berada di sekitar Mal Diana Shopping Center dan pasar SP 2 Mimika. Pembagian masker dilakukan oleh 30 orang relawan yang dibantu tim gabungan dari personel BPBD Kabupaten Mimika, TNI dan Polri.

Dalam sambutan, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi menyampaikan penerapan protokol kesehatan (prokes) selama melakukan kegiatan di lapangan adalah hal yang utama, khususnya di tengah pandemi covid-19.

“Mari kita sukseskan penyelenggaraan PON kali ini di Papua, dengan patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan selama masa pertandingan, dengan demikian, kita juga sukses memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Papua, khsusnya wilayah Kabupaten Mimika," tegas Prasinta dalam keterangan resmi, Senin (27/9).

Baca juga: PON Papua Jadi Ajang Promosi Perikanan Mimika

Melalui kegiatan Mobil Masker, BNPB berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib protokol kesehatan, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Hari ini, Senin (27/9), dijadwalkan pula relawan prokes akan mulai mengaktivasi gerai-gerai masker di beberapa lokasi penyelenggaraan cabang olahraga dan juga mobil masker di lokasi keramaian seputar kota Timika.(OL-5)

BERITA TERKAIT