26 September 2021, 18:40 WIB

Wapres: Data Statistik Berkualitas Penting Bagi Pembangunan Nasional


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menekankan perlunya data dan informasi statistik yang berkualitas untuk proses pembangunan di Indonesia. Pasalnya, data dan informasi statistik mempunyai peran penting dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan.

“Dengan tata kelola yang baik, implementasi kebijakan pemerintah dapat dilakukan secara akurat dan tepat sasaran. Terutama program yang langsung menyentuh masyarakat. Seperti, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pencegahan stunting,” ujar Ma'ruf dalam sambutannya melalui video pada Hari Statistik Nasional 2021, Minggu (26/9).

Baca juga: Mendag Mau Uji Coba Aplikasi PeduliLindungi di Pasar

Ma’ruf berharap stakeholders yang terkait dengan kegiatan statistik terus menghasilkan data yang berkualitas. Dia menekankan perlunya kolaborasi antar berbagai pihak terkait. Sehingga, dapat menghadirkan data dan informasi statistik yang berkualitas.

"Selain itu, di masa mendatang, kita perlu meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan statistik,” pungkasnya.

Hal serupa diungkapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang menilai data statistik penting bagi perencanaan pertanian nasional. “Perencanaan agregasi konsepsi yang terstruktur baik, hanya ada dari data statistik. Sebagai Menteri Pertanian, data salah satu sumber informasi yang tidak boleh terakrobatisasi atau bias dari kepentingan yang ada,” jelas Syahrul.

Baca juga: Bappenas: Data Jadi Modal Penting Perencanaan Pembangunan

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk menentukan arah kebijakan, penyajian data tidak boleh salah. Peringatan Hari Statistik Nasional 2021 harus menjadi sebuah konsolidasi konsepsi yang perlu didorong bersama. 

“Kita membutuhkan data statistik dan pertanian menjadi tulang punggung kehidupan bangsa. Pertanian yang tergarap baik akan membuat kemampuan ekonomi mulai dari desa, kabupaten, provinsi dan nasional tumbuh dengan baik,” tutur dia.(OL-11)


BERITA TERKAIT