26 September 2021, 10:00 WIB

BNPB Terjunkan Gerakan Mobil Masker Selama PON Papua


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Protokol Kesehatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua menerjunkan Gerakan Mobil Masker. Mobil itu digunakan untuk membantu pembagian masker dan menyosialisasikan protokol kesehatan.

“Mobil masker disebar di empat wilayah pusat pertandingan yaitu KotaJayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke,”kata Ketua Subsatgas Prokes Kota Jayapura Riswandi dalam keterangantertulis, Minggu, (26/9).

Baca juga: 

Gerakan Mobil Masker dan kampanye protokol kesehatan menyasar wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Contohnya Lapangan Mandala, Gelanggan gOlahraga (GOR) Cendrawasih, Lapangan Universitas Cenderawasih, JembatanYoutefa, GOR Politeknik Penerbangan, dan GOR Waringin.

Riswandi mengatakan operasi pembagian masker di Kota Jayapura dimulai sejak Sabtu, (25/9). Sebanyak 12.000 masker dibagikan guna memperkuatp rotokol kesehatan di wilayah tersebut.

Riswandi menyebut BNPB dibantu 123 relawan di Kota Jayapura. Mereka dibekali pendalaman materi terkait protokol kesehatan dan sistem pelaporan aplikasi inaRISK.

"Tujuannya adalah agar event besar seperti PON ini terselenggara dengan sukses dan aman dari covid-19,” papar dia.

Selain Gerakan Mobil Masker, ada enam gerai masker yang berada dititik-titik kegiatan Papua. Sebanyak 1.000 masker akan disebar digerai-gerai tersebut setiap harinya. (H-3)

BERITA TERKAIT