23 September 2021, 13:05 WIB

Pemerintahan Digital dapat Percepat Kerja di Bidang Lingkungan Hidup


Atalya Puspa | Humaniora

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan pihaknya terus mendukung upaya percepatan transformasi digital di Indonesia. Dalam lingkup KLHK sendiri, Siti menyatakan teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kerja KLHK di berbagai bidang.

"Dalam pemerintahan digital, langkahnya tidak lain adalah mengintegrasikan pemanfaatan IT ke dalam tata kelola pemerintahan, perizinan, pengaduan, dan tata kelola aset barang milik negara dan keterbukaan informasi publik" kata Siti dalam webinar bertajuk Menuju Indonesia Digital 2024: Indonesia Cakap Digital, Kamis (23/9).

Baca jugaAda Klaster Sekolah, DPR Minta PTM Tetap Berlanjut

Siti mengungkapkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mempercepat penindakan hukum bagi pihak-pihak yang melanggar aturan. Pasalnya, dengan terbukanya sistem pelaporan, masyarakat bisa dengan mudah mengakses portal pengaduan yang dibuka oleh KLHK.

"Seperti kasus pertambangan ilegal di kawasan hutan di Bogor. Pengaduan masyarakat melalui digital informasi yang sudah terintegrasi dengan beberapa kementerian dapat mempercepat penanganan kasus," ucap Siti.

"Selain itu, sistem perizinan usaha terintegrasi dengan sistem OSS yang berbeda di kementerian investasi dan BKPM untuk perizinan berusaha," imbuh dia.

Upaya transformasi tersebut, kata dia, harus dilakukan bersama dengan kolaborasi berbagai pihak untuk menuju Indonesia cakap digital 2024.

"Pentingnya pengetahuan pemahaman bersama akan berbagai kebutuhan dan perkembangan serta terjadinya kolaborasi. Jawabannya adalah kolaborasi," pungkas Siti. (H-3)

BERITA TERKAIT