22 September 2021, 21:42 WIB

Hingga Kini Enam Juta Suntikan Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia


Mediaindonesia.com | Humaniora

LEBIH dari enam miliar dosis vaksin covid-19 telah diberikan di seluruh dunia. Angka ini menurut penghitungan AFP pada Rabu (22/9) berdasarkan sumber resmi.

Upaya vaksinasi telah mencapai ritme stabil yang membutuhkan waktu 29 hari untuk mencapai miliaran keenam. Kecepatan ini hampir sama dengan miliaran keempat dan kelima pada masing-masing 30 dan 26 hari.

Sebaliknya, butuh sekitar 140 hari untuk mengelola satu miliar dosis pertama. Hampir 40% (2,18 miliar) dari enam miliar vaksin telah disuntikkan di Tiongkok disusul India (826,5 juta) dan Amerika Serikat (386,8 juta). Inilah trio negara yang paling banyak memberikan suntikan vaksin.

Di antara negara-negara dengan populasi lebih dari satu juta, Uni Emirat Arab (UEA) memimpin dengan 198 dosis per 100 penduduk dengan lebih dari 81% populasinya divaksinasi penuh. Uruguay datang berikutnya dengan 175 dosis per 100 penduduk diikuti oleh Israel (171), Kuba (163), Qatar (162), dan Portugal (154).

Baca juga: Tujuh Juta Orang Meninggal per Tahun karena Polusi Udara

Beberapa negara itu, termasuk Israel, UEA, dan Uruguay, telah mulai memberikan suntikan booster dengan tujuan memperluas kekebalan di antara mereka yang divaksinasi lengkap.

Sementara sebagian besar negara miskin sekarang telah memulai upaya vaksinasi, terutama berkat skema Covax. Cakupannya tetap sangat tidak merata, meskipun suntikan telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir setelah sumbangan dari negara-negara kaya.

Baca juga: Vaksinasi di Banten Terkendala Pasokan Pemerintah Pusat

Negara-negara berpenghasilan tinggi, seperti yang didefinisikan oleh Bank Dunia, memberikan rata-rata 124 dosis per 100 penduduk dibandingkan dengan hanya empat dosis per 100 penduduk di negara-negara berpenghasilan rendah. Tiga negara belum mulai vaksinasi sama sekali yaitu Burundi, Eritrea, dan Korea Utara. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT