22 September 2021, 18:32 WIB

29.500 Hektar Hutan Mangrove Telah Direhabilitasi


Atalya Puspa | Humaniora

KEPALA Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono mengungkapkan, rehabilitasi mangrove di 9 provinsi prioritas BRGM masih berjalan. Dari total 43 ribu hektar sasaran lahan rehabilitasi, sebanyak 29.500 hektar telah mencapai progres 100%. 

"Untuk wilayah mangrove di 9 provinsi yang sejumlah 29.500 hektar saat ini progres fisiknya sudah 100%," kata Hartono dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Rabu (22/9). 

Baca juga: BKKBN Siapkan 600 ribu Orang Pendamping Keluarga Untuk Cegah Stunting

Kesembilan provinsi tersebut ialah Sumatera Utara (Sumut), Bangka Belitung, Kepulauan Riau (Kepri), Riau, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Utara (Kalut), Papua, dan Papua Barat.

Hartono mengungkapkan, pelaksanaan rehabilitasi mangrove dilakukan melalui pendekatan padat karya, yakni dengan melibatkan peran masyarakat secara langsung. 

"Untuk pembayaran kepada petani melalui account to account. Tidak perkelompok. Jadi setiap petani yang menanam kita buatkan rekening dan upahnya disalurkan langsung," beber Hartono. 

Selanjutnya, ia mengungkapkan, BRGM juga akan memperluas cakupan kerja ke 23 provinsi dengan sasaran luas rehabilitasi mangrove hingga akhir 2021 sebanyak 40 ribu hektar.

"Target tanaman ini sedang dikebut. Termasuk seluruh provinsi Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawsi, Maluku, Aceh, dan Lampung," pungkas dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT