22 September 2021, 09:45 WIB

Siap Bantu Pendidikan Anak, Alta School Resmikan Sekolah Online


Mediaindonesia.com | Humaniora

MUTU kurikulum serta metode didik anak merupakan hal yang yang tidak ingin dikompromikan oleh orang tua. Keterbatasan kemampuan sekolah konvensional dalam membina siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah membuat orang tua merasa khawatir dengan proses tumbuh kembang anak, baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk menjawab kekhawatiran ini, Alta school hadir sebagai sekolah online setara dengan sekolah konvensional, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar menyenangkan dan menggugah growth mindset dalam diri anak sejak usia dini.
 
Di tengah pandemi dan pengumuman mengenai diperbolehkannya sekolah tatap muka, orang tua masih khawatir mengenai kesehatan anaknya sehingga harus mengkompromikan kualitas pendidikan. Kurikulum dan metode belajar sistem pendidikan konvensional sendiri juga dirasa masih terbatas oleh beberapa orang tua. Padahal untuk dapat mengoptimalkan pola belajar anak, menyesuaikan tahap perkembangan sesuai pada usia didik anak menjadi sangat penting.

Baca juga: UU Pendidikan Kedokteran Dinilai Masih Relevan
 
“Pada usia dini, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan membutuhkan pola belajar dengan contoh konkrit. Pada tahap ini pula, rasa percaya diri anak perlu mulai dibangun dengan memberikan rasa aman dan menyenangkan saat belajar. Alta School adalah sekolah yang mengusung metode blended learning dan mengedepankan konsep live teaching yang interaktif, adaptif, dan menyenangkan, agar dapat menggali minat dan potensi anak secara maksimal. Alta School dapat menjadi sekolah utama atau sekolah pendamping, dimana materi yang diberikan setara dengan sekolah nasional dan memiliki jadwal waktu yang fleksibel”, tutur Kepala Sekolah Alta School. Devi S Gunawan.
 
Untuk menghadirkan proses belajar online yang optimal, Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru dalam menggunakan platform teknologi yang mumpuni agar siswa dapat mengakses modul pembelajaran aktivitas mandiri melalui Learning Management System (LMS) ruangkelas, baik di dalam aplikasi maupun browser.
 
“Akses ruangkelas yang dihadirkan sebagai sistem kelola belajar utama di Alta School, akan mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar secara online, sehingga siswa dapat mengikuti rencana belajar yang sudah ditentukan dengan baik, untuk tetap belajar secara efektif. Fitur-fitur yang disediakan sudah dirancang sesuai dengan konteks kebutuhan para guru dan murid, sehingga harapannya bisa jauh lebih mudah untuk digunakan,” ujar Anggini Setiawan, Head of Corporate Communication Ruangguru.
 
 Diluncurkan pada awal September, Alta School memprioritaskan aspek kesiapan guru, kurikulum pendidikan, serta metode pembelajaran live teaching interaktif, dan aktivitas mandiri yang terpersonalisasi. Siswa juga dapat menikmati berbagai fasilitas seperti, kelas tambahan, pendidikan karakter, modul, home-based project, learning kit, serta kelas tutoring. Alta School telah membuka pendaftaran bagi peserta didik baru untuk usia 4 tahun 0 bulan di jenjang PAUD, dan 6 tahun 0 bulan untuk jenjang SD. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT