22 September 2021, 12:10 WIB

Mari Mengenal Hewan Ovovivipar


Anggi Putri Lestari | Humaniora

SELAIN hewan vivipar dan ovipar, juga ada hewan ovovivipar. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Ipa, Tim Sains Quadrum, (2007:41), jika hewan vivipar melahirkan dan hewan ovipar bertelur, maka hewan ovovivipar berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan.

Berikut adalah hewan-hewan yang bereproduksi dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan:

Ikan Hiu 

Dilansir dari Shark Sider, spesies ikan hiu yang bereproduksi secara ovovivipar adalah hiu pemotong kue (cookie cutter), hiu putih (great white shark), hiu buaya, hiu greenland, hiu gergaji, hiu macan pasir, hiu harimau, dan angelsharks yang mirip ikan pari. 

Baca juga: Mahasiswa UGM Teliti Potensi Jamur Endorfit untuk Antivirus Covid-19

Hiu betina dalam spesies tersebut akan menyimpan telurnya hingga menetas dalam tubuh. Terkadang terjadi kanibalisme, telur hiu yang pertama menetas akan memakan telur lain yang belum menetas. Dengan begitu, anak hiu terkuatlah yang akan dilahirkan dari tubuh induknya.

Ikan Pari

Ikan pari jantan dan ikan pari betina melakukan pembuahan untuk menghasilkan telur. 

Telur-telur itu tidak langsung keluar dari perut, tetapi akan tersimpan di dalam tubuh sang induk sampai embrio itu berkembang dan tumbuh di dalam kandungan serta mencapai umur yang cukup. Setelah itu, embrio akan keluar dari perut induk.

Ikan pari hanya membutuhkan pembuahan selama 90 detik, kemudian 9-12 bulan untuk masa kehamilan. Di dalam sekali kehamilan, ikan pari sanggup menghasilkan 5-9 anak.

Kuda Laut 

Kuda laut adalah hewan ovovivipar yang unik. Setelah pembuahan sel telur betina, betina akan memindahkan sel telur yang dibuahi ke dalam tubuh jantan. Jantan kemudian menyimpan telur-telur tersebut dalam kantungnya hingga menetas. 

Setelah telur-telurnya menetas, jantan akan mengeluarkan anak-anak kuda laut dari kantongnya. Ini membuat kuda laut jantan terlihat seperti melahirkan anak.

Platypus 

Platypus juga merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Hewan ini merupakan hewan endemik yang sering dijumpai di Australia. Hewan ini juga bisa berevolusi dari aves ke mamalia yang berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Reptil 

Ular derik adalah spesies reptil yang hidup di daerah gurun dan bereproduksi secara ovovivipar. 

Setelah proses pembuahan, ular derik akan tetap membawa telur tersebut dalam tubuhnya. Embrio ular dalam telur mendapatkan nutrisi dari kuning telur dan akan menetas tiga bulan kemudian. 

Ular yang telah menetas kemudian akan dilahirkan dari induk ular derik. Selain ular derik, ular garter dan kebanyakan ular berbisa juga bereproduksi secara ovovivipar. Spesies reptil lainnya yang bereproduksi secara ovovivipar adalah bunglon, iguana, dan beberapa jenis kadal.

Serangga

Beberapa serangga berkembang biak secara ovovivipar dengan cara menginkubasi telur didalam tubuh betinanya. Contoh serangga ovovivipar adalah kecoa, kutu daun, kepik sejati (hemiptera), kumbang, thrips, lalat muscidae, lalat bangkai, dan lalat tachinidae. (OL-1)

BERITA TERKAIT