21 September 2021, 22:15 WIB

Kepemimpinan Berjiwa Sosial Bisa Dorong Kemajuan Pendidikan Indonesia


Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KEPEMIMPINAN di bidang pendidikan membutuhkan figur yang memiliki jiwa sosial tinggi untuk menjadikan bidang pendidikan lebih baik lagi. Pemimpin yang memiliki inovasi serta kepekaan sosial bisa menggerakkan masyarakat yang nantinya akan berpengaruh besar pada dunia pendidikan di Indonesia.

"Bagaimana kita mengakselerasi pendidikan itu dengan kolaborasi antara dunia pendidikan, masyarakat, praktisi mengajar, perlu penggerak/leader dari tiap-tiap elemen masyarakat," kata CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat dalam kegiatan Fellowship Journalism oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP), Selasa (21/9).

Salman mengatakan kepemimpinan sosial dalam dunia pendidikan nantinya mampu menggandeng berbagai pihak untuk sadar dan turut serta membangun pendidikan di masa pandemi saat ini. Dengan menjaring dosen, guru, orang tua, alumni, masyarakat yang lebih kuat dan lainnya.

"Ketika kepemimpinan digabungkan dengan inovasi, enterpreneur digabungkan maka akan banyak koalisi sekolah penggerak dengan jurnalis, dosen, psikolog, dan lainnya," jelasnya. Sehingga ketika elemen tersebut bergabung maka dunia pendidikan bisa tumbuh tiga kali lebih cepat dan membaik dengan waktu yang sangat singkat.

"Pemimpin dalam dunia pendidikan merupakan tentang pembelajaran. Pembelajaran orang lain menjadi inti dari pengambilan keputusan setiap pemimpin pendidikan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) kembali digelar gelombang III yang diikuti 15 jurnalis dari berbagai media. Kegiatan ini juga turut menggandeng PT Paragon Technology dan pemangku kepentingan dunia pendidikan lainnya.(H-1)

BERITA TERKAIT