21 September 2021, 13:35 WIB

Presiden: Perguruan Tinggi Harus Sediakan Ruang Bagi Tumbuhnya Inovasi


Faustinus Nua | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan agar perguruan tinggi terus bertranformasi menjadi yang terbaik. Pimpinan perguruan tinggi termasuk para dosen harus bisa menggerakan mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif serta menyediakan ruang bagi tumbuhnya inovasi.

"Bertransformasi menjadi yang terbaik adalah jalan yang harus ditempuh. Bergerak progresif dan adaptif ke arah yang lebih baik, siap respons dengan cepatnya perubahan yang terjadi saat ini serta terus menyediakan ruang bagi tumbuhnya inovasi," ungkap Presiden dalam sambutan Dies Natalis ke-69 Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (21/9).

Menurut Presiden, pandemi covid-19 telah memberikan banyak pelajaran tentang pentingnya inovasi untuk memecahkan banyak perseolan. Inovasi memberi kekuatan bagi bangsa untuk mandiri serta menjadi yang terdepan.

Selain itu, pandemi juga mengajarkan pentingnya solidaritas dan kerja sama untuk mengatasi keterbatasan. Begitu pula kecepatan dan ketepatan dalam mengambil sikap, serta keberanian untuk melakukan terobosan yang berdampak signifikan terhadap pencapaian hasil.

Presiden meminta agar pimpinan perguruan tinggi, prodi atau faktultas harus siap membangun kolaborasi, membangun jejaring secara luas. Para dosen juga perlu berinteraksi dengan berbagai kalangan tidak hanya sesama akademisi tapi juga dengan para praktisi dan industri.

"Dalam ekositem yang inovatif, dosen tidak hanya menajar di dalam kelas tetapi siap menjadi dosen yang menggerakan mahasiswanya , memfasilitasi mahasiswanya dalam mengasah dan mengembangkan talenta-talenta," ujarnya.

"Pimpinan pergruan tinggi harus segera mengubah cara kerja yang menggunakan cara-cara kreatif, berpikir cepat, adaptif agar kampus terus relevan dengan situasi hari ini dan akan datang," imbuh Jokowi.

Dalam kesempatsn itu, Jokowi berpesan agar USU di usia yang ke-69 menjadi momentum untuk memantapkan lengkah menuju internasionalisasi. "Mengembangkan diri agar menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang unggul di tingkat internasional dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya bangsa," tandasnya.(H-1)

BERITA TERKAIT