21 September 2021, 10:38 WIB

Ayo Mengenal Hukum Archimedes


Sofia | Humaniora

PERNAHKAH kalian melihat kapal di laut? Kenapa kapal yang terbuat dari besi tidak tenggelam? Hal ini karena adanya gaya angkat pada benda di dalam zat cair, atau yang biasa disebut dengan gaya Archimedes. Apakah itu? Bagaimana bunyi Hukum Archimedes dan apa saja penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? 

Hukum Archimedes adalah hukum yang menyatakan setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian dalam fluida akan menerima dorongan gaya ke atas (atau gaya apung). 

Besarnya gaya apung yang diterima, nilainya sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda tersebut (berat = massa benda x percepatan gravitasi) dan memiliki arah gaya yang bertolak belakang (arah gaya berat ke bawah, arah gaya apung ke atas).

Baca juga: Apa Sih Senyawa Kimia Itu? 

Jika benda memiliki berat kurang dari berat air yang dipindahkannya,  benda tersebut akan mengapung (berat benda < gaya apung atau ). 

Jika benda memiliki berat lebih dari berat air yang dipindahkannya, maka benda tersebut akan tenggelam (berat benda > gaya apung atau  ). 

Dan benda akan melayang, jika beratnya sama dengan berat air yang dipindahkan (berat benda = gaya apung), yang berarti massa jenis benda sama dengan massa jenis air. (OL-1)

BERITA TERKAIT