20 September 2021, 17:50 WIB

Luhut : PPKM Lanjut 2 Pekan, Jawa-Bali Nihil Berstatus Level 4


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MESKI pandemi covid-19 di Indonesia terkendali dengan menurunnya kasus, pemerintah tetap memperpanjang masa PPKM selama dua pekan hingga 4 Oktober mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menuturkan, saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten kota yang berada di level 4 di Jawa dan Bali.

"Dalam arahan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas hari ini diputuskan perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Namun, sambungnya, evaluasi oleh pemerintah tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi adanya lonjakan covid-19 kedepanya.

Baca juga : Satgas Covid-19: Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Wajib Gunakan PeduliLindungi

Luhut menjabarkan, untuk kasus konfirmasi secara nasional hari ini berada di bawah 2.000 kasus dan kasus aktif sudah lebih rendah dari 60 ribu. Untuk Jawa-Bali, kasus harian turun hingga 98,0% dari titik puncaknya pada 15 Juli lalu.

Kemudian, hasil estimasi dari tim FKM UI, disampaikan bahwa angka reproduksi efektif Indonesia untuk pertama kalinya selama pandemi, berada di bawah 1, yakni sebesar 0,98. Angka ini berarti setiap 1 kasus covid-19 secara rata-rata menularkan ke 0,98 orang, atau jumlah kasus akan terus berkurang.

"Angka ini juga dapat diartikan pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali. Capaian kasus harian juga menunjukkan tren yang terus membaik," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT