20 September 2021, 15:47 WIB

Senyawa Antioksidan di Kopi Mampu Cegah Paparan Covid-19


Ardi Teristi Hardi | Humaniora

KOPI ternyata banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Di berbagai penelitian di luar negeri, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan covid-19.

Hal itulah yang dipaparkan oleh Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM Prof Dr Ir Sri Anggrahini MS saat menyampaikan orasi ilmiah berjudul berjudul Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 pada puncak Dies Natalis FTP UGM ke-58 di Auditorium FTP UGM, Senin (20/9). Penelitian tersebut mendukung banyak penelitian sebelumnya bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, dalam biji kopi terdapat kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

Meski mampu meningkatkan kekebalan tubuh, kita dianjurkan tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. "Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik, dan risiko kena sakit mag," katanya.

Penelitian soal khasiat kopi terebut perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat gemar mengonsumsi kopi. Di saat bersamaan, masyarakat juga harus mengetahui batas aman mengonsumsi kopi sesuai anjuran.

Baca juga: Satgas Covid-19: Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Wajib Gunakan PeduliLindungi

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena covid-19 atau tidak. "Umumnya, penderita covid-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat," papar dia. (OL-14)

BERITA TERKAIT